10 SMK Piloting Ikuti Rakor Distance Learning

Keterangan Gambar : Ka. UPTD Tekkom Armin, M.Pd (kanan) dan Kasubag TU UPTD Tekkom Panaco, M.Si

10 SMK Piloting Ikuti Rakor Distance Learning

Samarinda - Kondisi wabah pandemi Corona Virus Disease 2020 (Covid-19) yang sampai saat ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan aktivitas pembelajaran di sekolah maka Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim melalui UPTD Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning)  yang dihadiri 10 orang Kepala SMK Piloting se Kalimantan Timur. (9/7).

Kepala UPTD Tekkom & Infodik Armin M.Pd dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan ini selain memberikan wawasan dan proses pembuatan bahan pelajaran secara digital juga sekaligus rencana pemberian bantuan bandwith bagi sekolah-sekolah di daerah 3T.

"Program UPTD Tekkom adalah selain menyiapkan pembelajaran dan pelatihan bagi guru-guru, kami juga akan memberikan bantuan alat-alat penunjang Distance Learning seperti layanan internet dan laptop dengan fokus utama kami adalah daerah 3T (Terpencil, Terluar dan Terisolir), ungkap Armin.

Armin menambahkan bahwa pandemi covid-19 yang saat ini dialami memaksa guru untuk menggunakan teknologi.

"Kita ubah paradigma guru harus belajar di kelas, tapi guru harus berinovatif dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana belajar mengajar, seperti saat ini Covid memaksa kita menggunakan teknologi." tambahnya.

Adapun program UPTD Tekkom & Infodik yang dipaparkan sekilas pada sambutan tersebut diantaranya selain memberikan bantuan bandwith internet di sekolah, pengadaan laptop, penghargaan bagi guru yang membuat karya berupa video pembelajaran, peliputan sekolah-sekolah berbasis digital dengan paperless (minim kertas), peliputan siswa berprestasi dan UPTD Tekkom akan menjadi pusat data dan informasi.

Dalam Rakor turut hadir M.Yahya, M.Kom selaku Duta Rumah Belajar tahun 2018 selaku narasumber dengan menyampaikan materi seputar Rumah Belajar Streaming sebagai salah satu portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru seluruh jenjang pendidikan. Dengan memanfaatkan Rumah Belajar, belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan siapa saja. Seluruh konten dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis. 

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!