80 Siswa SMK Ikuti Pendidikan Ketarunaan untuk Penguatan Pendidikan Karakter

80 Siswa SMK Ikuti Pendidikan Ketarunaan untuk Penguatan Pendidikan Karakter

Samarinda - Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional sebagaimana yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yakni "Untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab".

Selain itu berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter yang selanjutnya disingkat PPK adalah gerakan pendidikan dibawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga dengan melibatkan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Berdasar hal tersebut, Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Polresta Kota Samarinda menyelenggarakan "Penyusunan Instrumen Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pendidikan Ketarunaan Sekolah Menengah Kejuruan tahun 2019" pada 19 - 22 November 2019 bertempat di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda.

Drs. Deslan Nispayani Kepala Bidang Pembinaan SMK melaporkan sebanyak 80 peserta yang hadir dalam kegiatan ini dari SMK Negeri se Kota Samarinda, kegiatan pembentukan karakter yang baru tahun ini diadakan dan akan diusahakan untuk tahun depan dapat diikuti oleh siswa SMK se Kaltim.

"Kegiatan pembentukan karakter bagi siswa SMK ini baru pertama kami laksanakan, dan semoga terus berlanjut dan dapat mengundang se Kaltim". ucap Deslan.

Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Polres Samarinda menyampaikan siap melatih para peserta sebagai bentuk perubahan karakter.

"Kami dari Polresta Samarinda, siap melatih adik-adik sebagai pembentukan karakter seperti wawasan kebangsaan & Cinta Tanah Air, Etika & perilaku, Pengetahuan Informasi dan Teknologi, dan Pelatihan Baris Berbaris." tutur Kabag Sumda Polres Samarinda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Anwar Sanusi, M.Pd dalam sambutannya sekaligus membuka acara berpesan sebagai langkah pendidikan karakter melalui pendidikan ketarunaan ini sebagai proses pembentukan akhlak anak bangsa.

"Moralitas remaja yang memprihatinkan dan rendahnya daya saing SMK yang mengakibatkan tingginya angka pengangguran ini sangat penting diperhatikan oleh pemerintah. Hal ini dikarenakan permasalahan tersebut menentukan nasip dan masa dengan serta kelangsungan hidup generasi penerus bangsa." pesan Anwar.

"Salah satu langkah yang dapat diambi adanya pembinaan karakter melalui pendidikan ketarunaan. Pembinaan ini sebagai proses pembentukan akhlak anak bangsa yang perlu ditanamkan pada peserta didik, dan pendidikan ketarunaan diharapkan mampu menjadi pondasi dalam menyuksesan Indonesia Emas 2025." tambahnya.

 

 

  • Tags:

Ada 1 Komentar untuk Update Ini

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!