Bidang Kebudayaan Undang 50 siswa Jelajahi Cagar Budaya

Bidang Kebudayaan Undang 50 siswa Jelajahi Cagar Budaya

Samarinda - Dalam rangka pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan cagar budaya, melalui Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan jelajah Cagar Budaya dan Permuseuman dengan mengundang 50 siswa SMA yang berasal dari beberapa sekolah antara lain SMAN 4 Balikpapan, SMAN 9 Balikpapan, SMAN 1 Penajam Paser Utara, SMAN 1 Tenggarong, SMAN 1 Sangatta Utara, SMAN 3 Bontang, SMAN 1 Linggang Bigung, SMAN 1 Sendawar, SMAN 1 Long Hubung dan SMAN 5 Berau.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman Bidang Kebudayaan Yekti Utami, M.Pd dalam laporannya menyampaikan peserta yang berjumlah 50 orang selain menerima materi berupa perlindungan cagar budaya juga akan menjelajah ke beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar seputar Kota Samarinda hingga Sanga-Sanga.

"Kegiatan ini akan diisi dengan materi perlindungan, pengembangan cagar budaya, juga peserta akan kami ajak menjelajah ke beberapa tempat antara lain Masjid Siratal Mustaqim di Samarinda Seberang, Makam Daeng Mangkonang, Sumur Angguk, Situs Kubur Gunung Selendang dan Penjara Sanga-Sanga," ungkap Yekti.

Adapun tujuan dari kegiatan ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dra. Effy Susanti adalah selain meningkatkan pemahaman dan wawasan siswa dan guru tentang cagar budaya dan sejenisnya, meningkatkan kemampuanguru dalam memanfaatkan cagar budaya sebagai bahan belajar, juga meningkatkan kepedulian siswa dalam melindungi cagar budaya yang ada di daerahnya.

Untuk narasumber adalah Drs. Budi Istiawan Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Bayu Cahyo Adi Fernando, S.S Pengkaji Pelestarian Cagar Budaya dan Tisna Arif Ma'rifat, S.S Pengkaji Pelestarian Cagar Budaya.

Kegiatan dibuka dan dilaksanakan mulai 10 - 12 Maret 2020 bertempat di Hotel Royal Park Jl. Sentosa No. 1 Samarinda.

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!