Diskusi Terpumpum tentang Pokok -Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Keterangan Gambar : Koordinator cluster 12 (Drs. Budhi Sancoyo, M.A. memberikan arahan

Diskusi Terpumpum tentang Pokok -Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Kebudayaan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD ) atau diskusi terpumpum dengan materi Pokok-Pokok Pikiran  Kebudayaan Daerah yang terdiri dari 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan antara lain: Manuskrip, Tradisi Lisan, Adat Istiadat, Ritus, Pengetahuan Tradisional, Teknologi Tradisional, Seni, Bahasa, Permainan Rakyat dan Olah Raga Tradisional.

Dalam FGD ini peserta yang di undang adalah perwakilan dari Kabupaten Kota yang sudah menyerahkan Dokumen PPKD diantaranya adalah: Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Mahulu dan Kabupaten Berau dimana peserta Kabupaten Kota diwakili oleh unsur Budayawan , unsur Seniman dan unsur birokrasi yang kesemuanya tergabung dalam Tim Penyusun PPKD Kabupaten Kota sebanyak 16 orang.

 

Koordinator cluster 12 (Drs. Budhi Sancoyo, M.A.  memberikan arahan

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Koordinator cluster 12,pendamping dari Direktorat Jendral Kebudayaan Jakarta sebanyak 2 orang ,  pendamping dari AAI (Asosiasi Antropolog Indonesia) sebanyak 1 orang, Tim penyusun Provinsi 6 orang , sekreatariat 6 orang dan budayawan perwakilan dari 3 suku yaitu: Dayak, Kutai dan Banjar, dari Bapeda Prov.Kaltim 1 orang dan dari unsur BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) 1 orang

Kegiatan tersebut di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan Dra. Effy Susanti, dilanjutkan dengan diskusi terpumpum yang dipandu oleh moderator Syafril Teha Noor. Diskusi terpumpum ini dilaksanakan  pada hari Selasa Tanggal 25 September 2018 di ruang Kersik Luway

Kegiatan ini bertujuan:

  1. Mengklarifikasi rangkuman  permasalahan dan Rekomendasi Obyek  pemajuan kebudayaan (OPK) yang ada pada dokumen PPKD Kabupaten Kota.
  2. Mengkaji permasalahan dan rekomendasi OPK yang muncul dalam FGD dan belum masuk dalam rancangan Dokumen PPKD Provinsi.
  3. Mengkaji ulang permasalahan dan rekomendasi yang akan di tuangkan dalam dokumen PPKD Provinsi Kalimantan Timur.
  4. Finalisasi permasalahan dan rekomendasi ,tujuan, pelaku yang berwenang, sasaran, tahapan  dan Indikator capaian pada 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan.

 

Setelah diskusi terpumpum ini akan di lakukan perbaikan rancangan dokumen PPKD Provinsi dan akan dilakukan finalisasi dokumen oleh Tim Penyusun PPKD selanjutnya akan  di tetapkan oleh Gubernur  dan akan di serahkan kepada Direktorat Jenderal Kebudayaan Dan Bapeda Provinsi Kalimantan Timur sebagai dasar dalam penyusunan RPJMD .

Insya Allah Provinsi Kalimantan Timur  menjadi urutan Provinsi ke 2 yang telah menyelesaikan Dokumen Pokok-Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah.

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!