Gempa Donggala, Pasien Berhamburan Selamatkan Diri Sambil Bawa Selang Infus

Keterangan Gambar : Lantaran panik diguncang gempa magnitudo 7,7 pasien di rumah sakit mamuju berhamburan keluar ruangan untuk menyelamatkan diri.

Gempa Donggala, Pasien Berhamburan Selamatkan Diri Sambil Bawa Selang Infus

POSO KOMPAS.com - Ratusan pasien RSU Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah didampingi para keluarga, histeris berlarian untuk menyelamatkan diri setelah terjadi gempa bumi. Gempa magnitudo 5,4 yang berpusat di kabupaten Sigi, Kota Palu, getarannya terasa hingga di wilayah Kabupaten Poso yang jaraknya sekitar 220 Kilometer. Gempa yang terjadi Jumat (28/9/2018), sekitar pukul 18.00 Wita, bukan hanya membuat pasien yang ada di RSU Poso. Bahkan seluruh warga panik, menyelamatkan diri keluar rumah. Dari pantauan di RSUD Poso, kondisi rumah sakit berlantai tiga, membuat sebagian pasien kesulitan untuk menyelamatkan diri. Mengingat jumlah tenaga perawat dengan pasien tidak sebanding. Baca juga: Gempa 7,7 Guncang Donggala Sulteng, Bandara Palu Ditutup hingga Sabtu Saksi mata, Elfina Tancalo (40) mengatakan, gempa tersebut membuat panik seluruh pasien rumah sakit yang saat itu sedang beristirahat. Dalam kondisi panik, dia bersama keluarganya yang sakit berlarian menerobos ratusan pasien lainnya sambil membawa selang infus demi untuk menyelamatkan diri. "Saat gempa terjadi, semua pasien yang lagi istirahat langsung panik, termasuk saya yang menjaga saudara juga langsung lari menuntun keluarga yang sakit mencari tempat yang aman,” tutur Elfina sambil menangis. Hingga berita ini diturunkan, ratusan pasien RSU Poso, masih tetap bertahan di halaman rumah sakit akibat takut dengan adanya gempa susulan. Baca juga: Khawatir Gempa Susulan, Warga Bertahan di Pinggir Jalan Mereka mengaku tidak akan masuk ke kamar perawatan sebelum kondisi betul-betul sudah aman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Donggala, Pasien Berhamburan Selamatkan Diri Sambil Bawa Selang Infus", https://regional.kompas.com/read/2018/09/28/21020111/gempa-donggala-pasien-berhamburan-selamatkan-diri-sambil-bawa-selang-infus
Penulis : Kontributor Kompas TV Poso, Mansur
Editor : Reni Susanti

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!