Khairani : Kreatifitas UKS sebagai Penumbuhan Karakter Siswa

Khairani : Kreatifitas UKS sebagai Penumbuhan Karakter Siswa

Samarinda - UKS bukan Unit Kesehatan Sekolah yang wujudnya ada ruang/bilik UKS di Sekolah/Madrasah yang ada didalamnya terdapat tempat tidur, ada kotak obat dan isinya, ada alat pengukut berat dan tinggi badan dan lain-lain, namun UKS disini ada berbicara tentang program dari (3) trias UKS yaitu menyelenggarakan pendidikan kesehatan, menyelenggarakan pelayanan kesehatan dan menyelenggarakan pembinaan lingkungan sekolah sehat.

Bahwa Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah sarana yang sangat strategis dan pintu masuk dalam rangka mencapai tujuan program pendidikan, kesehatan dan lingkungan hidup, guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui proses pendidikan yang bermartabat dengan menanamkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Dalam hal ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan kegiatan Pembinaan dan Pengembangan UKS dan Kreatifitas UKS yang dihadiri 80 siswa siswi jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK se Kota Samarinda dan Narasumber dari Forum Perempuan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, TK Pembina 1 Samarinda dan Palang Merah Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan pada hari Senin 11 November 2019 bertempat di Kantor Disdikbud Prov. Kaltim Lantai 4 Ruang Kersik Luwai Jalan Basuki Rahmat No. 5 Samarinda.

Kepala Bidang SMA Drs. Khairani dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakan kegiatan tersebut adalah selain mendidik dan mencetak pelajar menjadi pribadi yang disiplin, bertanggung jawab dan berdedikasi juga memberikan bekal kepada peserta tentang UKS sebagai penumbuhan karakter untuk dapat diaplikasikan dilingkungan sekolah dan bermasyarakat.

 

 

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!