Lomba Parade Cinta Tanah Air Mengangkat Tema: Millenial Sebagai Penggerak Industri Kreatif

Lomba Parade Cinta Tanah Air Mengangkat Tema: Millenial Sebagai Penggerak Industri Kreatif

Samarinda - Kementerian Pertahanan RI melalui Kantor Wilayah Kementerian Pertahanan Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama dengan Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim melaksanakan Lomba Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Jenjang SMA sederajat tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019 dalam rangka melakukan pembinaan terhadap para generasi muda millenial dalam membangun semangat nasionalisme, rasa cinta kebangsaan, wawasan kebangsaan dan semangat bela negara sebagai upaya bersama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesempatan pendidikan dan peningkatan mutu serta relevansi pendidikan untuk menghadapi tantangan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global.

Mengacu pada Visi Pendidikan Nasional 2025 yaitu "Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif" atau Insan Kamil/Paripurna, maka tema pembangunan pendidikan periode 2015/2019 difokuskan pada peningkatan kualitas pendidikan nasional dalam rangka mewujudkan sumberdaya manusia Indonesia yang unggul dan kompetitif di tingkat regional.

Masyarakat Indonesia faktanya sedang dijajah oleh budaya luar seperti individualisme, hedonisme dan matrelialistik yang berdampak pada kurangnya kepedulian antar sesama warga khususnya dalam bidang ekonomi. Merebaknya produk-produk impor yang menguasai pasar dalam negeri, tentunya ini dapat mematikan produk asli ciptaan Indonesia mulai dari bahan pokok seperti beras hingga branding produk pakaian.

Di sini, wujud sikap bela negara di bidang ekonomi juga dibutuhkan karena kemandirian ekonomi merupakan jalan menuju kedaulatan negara. Salah satu diantaranya adalah pengembangan ekonomi kerakyatan yang dikenal dengan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang lebih banyak didominasi oleh pelaku usaha dalam negeri.

Pada tahun 2019 ini, Kegiatan Lomba PCTA akan mengangkat tema tentang inovasi dan kreativitas Bidang Usaha UMKM yang ditekankan kepada peserta lomba PCTA untuk dapat menampilkan karya-karya inovatif yang mempunyai nilai jual di masyarakat.

Upaya bela negara dalam bidang ekonomi mulai dipupuk dan dikembangkan kepada generasi muda sebagai upaya dalam memperkuat ketahanan bangsa di bidang ekonomi kerakyatan yang terbukti berhasil menyelamatkan Bangsa Indonesia pada era krisis moneter tahun 1997-1998.

Pada era revolusi industri 4.0 sekarang ini ditandai dengan berbagai pembaruan dalam segala bidang kehidupan dengan teknologi sebagai penggerak utama sehingga diperlukan penguasaan dan juga adaptasi dengan teknologi yang ada, serta menguasai digitalisasi sehingga tidak heran sudah banyak pengusaha UMKM yang mulai Go-online.

Lomba PCTA jenjang SMA sederajat tahun 2019 ini akan menampilkan karya-karya produk inovatif dan kreatif dari siswa/siswi di Provinsi Kalimantan Timur yang akan mewakili sekolah dan Kabupaten/kota masing-masing yang diharapkan memiliki kualitas nilai jual.

Pelaksanaan lomba mulai 23-25 Juli 2019 bertempat di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda.

Adapun peserta lomba terbagi dalam 19 tim, masing-masing tim dua orang se Kalimantan Timur kecuali Penanjam Paser Utara dan Mahulu yang tidak mengirimkan peserta.

Juara 1 SMAN 1 Tenggarong (tim 2 )

Juara 2 SMAN 2 Unggulan Tanah Grogot

Juara 3 SMAN 1 Tenggarong (tim 1)

Juara 4 SMAN 1 Sangataa Selatan

Selain menampilkan karya-karya hasil buah tangan siswa/siswi SMA sederajat, Peraih juara 1 akan ikut serta mewakili Provinsi Kaltim dalam ajang tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Bali pada tanggal 9-13 September 2019 mendatang.

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!