Pagelaran dan Dialog Seni Budaya se Kaltim

Pagelaran dan Dialog Seni Budaya se Kaltim

Samarinda - Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur bertujuan untuk memberikan wadah berkarya bagi seniman Kabupaten/Kota, sebagai media untuk saling memperkenalkan keragaman seni dari tiap Kabupaten/Kota, dan sebagai acuan dan motivasi pelaku seni dalam melestaerikan seni budaya agar lebih inovatid dan kreatif serta menggali potensi, maka untuk itu diselenggarakanlah Pagelaran dan Dialog Seni Budaya se Kalimantan Timur bertempat di UPTD Taman Budaya Prov. Kaltim Jalan Kemakmuran pada tanggal 8 - 10 November 2020.

Dalam acara tersebut, penyelenggara mengundang 40 orang dari 8 Kabupaten/Kota dengan menampilkan tarian daerah asal, Kota Samarinda menampilkan tarian Tingkilan Pesisir, Kabupaten Paser dan Kutai Barat menampilkan tarian Belian Pedalaman, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Bontang menampilkan tarian Jepen Pesisir, Kabupaten Penajam Paser Utara menampilkan Ronggeng Melayu dan Kabupaten Kutai Tmur dan Mahulu menampilkan dan tarian Kancet Lasan/Pepatai Pedalaman.

Kabid Kebudayaan Yekti Utami, M.Pd menyampaikan Bidang Kebudayaan sebagai fasilitator, mengadakan kegiatan kegiatan tersebut untuk membicarakan perkembangan seni budaya dalam menghadapi perubahan.

Sementara itu, Sekertaris Disdikbud Prov. Kaltim Sofia Rahmi, M.Si dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas mengumumkan sekitar 10 benda warisan budaya di Kalimantan Timur sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang mendapatkan pengukuhan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 8 Oktober 2019 lalu.

"Kita sangat bersyukur karena Kaltim mampu mendapatkan pengakuan secara Nasional dari Mendikbud atas penghargaan dan penetapan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) pada Oktober tahun 2019 lalu." tutur Sofia.

Adapun ke 10 warisan tersebut yaitu, Genikg (alat musik dari suku Dayak Benauq, Kubar), Kelentang (alat musik dari Tanjung Isuy, Kubar), Sampe dan Sape (alat musik, dari suku Dayak Bahau, Kubar), Suling Dewa (alat musik dari Kampong Geleo Barong Tongkok, Kubar), Tari Ngerangkau (seni pertunjukan dari Barong Tongkok, Kubar), Tari Gong (dari Ujoh Bilang Long Bagun, Mahakam Ulu), Tari Ganjar Ganjur (dari Keraton Kutai Kartanegara), Tari Dewa Memanah (dari Keratorn Kutai Kartanegara) dan Tari Ngarang (dari Desa Pait, Paser).

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!