Panitia Sekolah Ambil Alih Input Data Hadapi Kendala PPDB Online

Keterangan Gambar : para pendaftar di SMAN 2 Bontang

Panitia Sekolah Ambil Alih Input Data Hadapi Kendala PPDB Online

Kota Bontang - Pelaksanaan PPDB Online tahun ajaran 2019/2020 di Kota Bontang ada beberapa kendala yang mampu ditangani oleh panitia PPDB tahun ini.

Salah satunya oleh SMAN 1 Kota Bontang yang diketuai oleh Dra. Titi Wurdiyanti, M.Pd, menghadapi kendala pendaftaran disebabkan aplikasi sistem yang sering tidak bisa diakses dengan mengumpulkan berkas pendaftar secara keseluruhan kemudian panitia yang membantu menginput data sehingga tidak ada antre dan penumpukan pendaftar disekolah.

"Kami mengantisipasi pendaftar agar tidak mengantri lama karena kendala sistem ini dengan cara mengumpulkan berkas dan memberikan nomor antrian, kemudian mempersilahkan pendaftar untuk kembali kerumah dan memantau hasilnya dirumah dengan mengecek di web PPDB Kalimantan Timur." ungkap Titi.

"Walaupun mekanisme awal yang disosialisasikan ialah peserta didik dapat mendaftar mandiri namun kenyataannya sistemnya sendiri ada kendala, jadi langkah yang kita ambil dengan cara penginputan oleh panitia dan data disimpan secara manual untuk mengantisipasi hilangnya data oleh sistem." tambahnya.

Untuk di SMAN 1 Kota Bontang pada pra pendaftaran total sebanyak 119 pendaftar, dan panitia keseluruhan berjumlah 23 orang.

Ketua PPDB sekaligus Kepala di SMAN 1 Kota Bontang ini berharap agar kedepannya sistem dan aplikasi PPDB dapat lebih mudah dan sederhana agar masyarakat kita kesulitan mempersiapkan pendaftaran, juga diharapkan azas keadilan akan lebih menjadi prioritas dan titik perhatian dalam penerimaan peserta didik.

Pendapat yang sama juga disampaikan oleh Kepala SMAN 2 Bontang Sumariyah, M.Pd dengan kendala sistem yang tidak sinkron dengan operator dan publish sehingga antisipasinya dengan mengumpulkan berkas peserta didik dan kemudian diinput oleh panitia.

Adapun panitia untuk PPDB SMAN 2 Bontang berjumlah 12 dan operator 3 orang, yang mana operator telah mengikuti simulasi PPDB yang dilaksanakan oleh Disdikbud Prov. Kaltim dengan narasumber operator dari PT Indonesia Bersatu Global (IBG) sebagai penyedia layanan.

Jumlah peserta didik yang mendaftar pada pra pendaftaran berjumlah 97 orang, dengan rincian pendaftar jalur kurang mampu sebanyak 60 orang, pendaftar jalur bina lingkungan sebanyak 19 orang, pendaftar jalur prestasi sebanyak 14 orang dan jalur Luar Kota sebanyak 4 orang, kemudian untuk total pendaftar saat data ini dihimpun sebanyak 291 pendaftar.

 

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!