Pelepasan Kontingen O2SN dan Penyambutan Peraih Juara LDBI dan NSDC

Keterangan Gambar : Sekertaris Disdikbud (tengah) berfoto bersama tim juara 3 LDBI dan runner up NSDC didampingi pendamping

Pelepasan Kontingen O2SN dan Penyambutan Peraih Juara LDBI dan NSDC

Samarinda - Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim Drs. Djhoni Topan didampingi Kabid Pembinaan SMA Drs. Khairani dan Kabid Pembinaan SMK Drs. Deslan Nispayani hadir dalam Pelepasan Kontingen O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) Jenjang ABK, SD, SMP, SMA dan SMK sederajat Provinsi Kalimantan Timur sekaligus Penyambutan Juara LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) dan NSDC (National School Debating Championship). (23/8).

Pembinaan dan pengembangan Olahraga Jenjang ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), SD (Sekolah Dasar), SMP (Sekolah Menengah Pertama), SMA Sekolah Menengah Atas), Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bagian dari empat pilar kebijakan pendidikan Nasional, yang meliputi olah hati, olah rasa, olah pikir dan olahraga. Olahraga merupakan kegiatan fisik yang dapat membangkitkan semangat, menumbuhkan sportivitas, persahabatan dan characacter building atau pembangunan watak bangsa.

Kontingen yang dilepas akan bertanding dalam ajang O2SN tingkat Nasional yang terbagi di beberapa wilayah, yaitu:

ABK, Semarang, 25 - 29 Agustus 2019

SD/MI, Semarang, 24 - 31 Agustus 2019

SMP/MTs, Semarang, 25 - 31 Agustus 2019

SMA/MA, Banda Aceh, 25 - 31 Agustus 2019

SMK, Banda Aceh, 25 - 31 Agustus 2019

Sementara itu, dalam ajang LDBI keluar sebagai juara 3 yaitu Tim Perwakilan dari Kaltim dan masuk dalam 10 pembicara terbaik, dan untuk NSDC peserta dari Kaltim meraih hasil yang memuaskan yaitu best speaker, grand finalis dan 1st runner up. Berikut rinciannya:

Arya Pratama MAN 2 Samarinda = Pembicara terbaik 9 dan juara 3 bersama LDBI

Lasman SMAN 10 Samarinda = Pembicara terbaik 8 dan juara 3 bersama LDBI

Lim Evelyn SMA Sunodia = Pembicara terbaik 6 dan juara 3 bersama LDBI

Hilya Khalisa SMAN 1 Samarinda = Best Speaker 7 NSDC, Grand Finalist & 1st Runner Up

Kinanti Putri SMAN 1 Samarinda = Grand Finalist & 1st Runner Up

M. Nur Fitrah SMAN 10 Samarinda = Grand Finalist & 1st Runner Up

Pendamping/pelatih yaitu guru SMAN 1 Samarinda Ida Sulistiani, Atiek S SMAN 10 Samarinda.

Adapun peraih peringkat ke 7 Best Speaker, Hilya Khalisa dari SMAN 1 Samarinda akan mengikuti seleksi pada bulan Oktober bersama 15 orang perwakilan Indonesia, dan akan disaring menjadi 4 siswa perwakilan Indonesia untuk berangkat ke Mexico dalam WSDC 2020 (Word School Debating Championship).

Dalam wawancara di kesempatan yang sama, Hilya menyatakan kesulitan yang dihadapinya dan tim dalam ajang NSDC lalu.

"Kesulitannya ada lawan-lawan yang sama kuatnya dari Jawa seperti Prov. Banten, dari tim sendiri kesulitannya membangun chemistry sesama anggota, waktu latihan dan pengaturan jadwal masing-masing sekolah juga kesulitan disitu." ungkap Hilya

Selain itu, kesulitan yang sama diungkap oleh Lim Evelyn, terkait kesulitan yang dialami tim meredam ego masing-masing demi membanggakan Kalimantan Timur.

"Waktu dispensasi karena sekolah berbeda-beda sehingga agak susah ketemu namun kita mengatasi kesulitan tersebut dengan meredam ego kami demi membanggakan Kaltim." tutur Evelyn.

Adapun tanggapan Sekertaris Disdikbud Prov. Kaltim Drs. Djhoni Topan dalam wawancara seusai acara menyampaikan peasan kepada para peserta didik yang terpenting untuk mencapai keberhasilan harus ada doa dan restu orang tua.

"Saya pesankan kepada para siswa siswi yang bertanding baik dalam O2SN juga ada siswa kebanggaan Kaltim yang mengikuti perlombaan tingkat Internasional, hal yang terpenting untuk mencapai keberhasilan itu adalah doa dan restu orang tua, disamping tentu berusaha belajar dan terus berlatih." kata Djhoni.

"Pemerintah tentunya akan memebrikan reward kepada para siswa yang sudah berpartisipasi dalam ajang lomba baik tingkat Nasional bahkan ini sampai pada tingkat Internasional untuk memacu semangat pelajar-pelajar yang lain yang belum ikut." tambahnya.

 

 

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!