PPDB Online: SMAN 1 Tenggarong Alami Kendala Di Hari Pertama

PPDB Online: SMAN 1 Tenggarong Alami Kendala Di Hari Pertama

Tenggarong – Pada tanggal 22 Juni 2020 dilaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun 2020 Jenjang SMA dan SMK secara serentak se Indonesia. Proses pendaftaran ini dilakukan oleh masing-masing Kabupaten/Kota seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan Timur yang telah membuka website untuk tiap Kabupaten/Kota. Salah satunya seperti milik Kabupaten Kutai Kartanegara dengan narahubung https://kutaikartanegara.siap-ppdb.com

SMAN 1 Tenggarong melaksanakan PPDB Online dengan narahubung https://sman1-tenggarong.sch.id, pada hari pertama, Kepala SMAN 1 Tenggarong H. Asran, S.Pd, M.Pd mengeluhkan kendala yang sudah dialami oleh pihak sekolahnya lantaran jaringan yang dinilai sangat lambat sehingga para calon siswa-siswi dan panitia PPDB Online SMAN 1 Tenggarong tidak bisa mengakses website tersebut. Ada pula kendala lainnya ialah tidak terbukanya akses pendaftaran Jalur Bina Lingkungan yang seharusnya bisa diakses oleh para calon siswa-siswi.

“Ya kalau dilihat dari kejadian hari pertama ini, yang terlihat adalah banyak data-data siswa yang belum bisa ditemukan padahal sudah didaftarkan oleh wali murid atau calon siswa ke website kami. Kami juga masih belum tau pasti apakah dari penyedia aplikasi ini sudah menginput data-data tersebut dari pendaftar atau belum, yang jelas kami belum bisa menemukan data-data tersebut.” ucap Asran.

Ia juga menambahkan bahwa sudah dilakukan berulang kali untuk memastikan sistem PPDB ini dapat digunakan dengan baik tanpa hambatan jauh sebelum hari pendaftaran dibuka.

“Pihak Telkom juga sudah mengsosialisasikan tentang aplikasi ini. Sudah berkali-kali kita melakukan pertemuan untuk membahas masalah juknis. Artinya dari beberapa seperti hari ini akan dibuka Jalur Prestasi, Jalur Affirmasi, Jalur Perpindahan Orang Tua dan Anak Kandung Guru, kemudian Bina Lingkungan. Semuanya sudah dibahas dengan pasalnya masing-masing, namun, ya Namanya juga kendala pasti akan tetap ada. Kemudian nanti di tanggal 29 Juni nanti, itu harusnya pendaftaran untuk Jalur Zonasi/Reguler.” tutur Asran.

Ia juga menuturkan bagaimana respon dari Telkom selaku pihak penyedia aplikasi mengenai kendala di hari pertama ini.

“Yang jelas kami juga sudah menghubungi beberapa kali pada pihak Telkom, dan meminta untuk segera memperbaiki perihal data-data yang tidak bisa ditemukan hari ini.” tambahnya.

Jafar Sodik, M.Pd selaku sebagai Waka Kesiswaan SMAN 1 Tenggarong dan Ketua Panitia PPDB Online SMAN 1 Tenggarong menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat perihal kendala yang terjadi di hari pertama.

“Sebenarnya kendala-kendala ini selalu terjadi di setiap tahun, yaitu, akses aplikasi yang sampai sekarang belum jelas. Untuk itu kepada semua pihak yang berkaitan dengan ini mohon banyak-banyak bercampur tangan menyelesaikan PPDB Online ini dengan lancar. Terutama pada pihak Telkom selaku penyedia aplikasi untuk segera menyelesaikan kendala PPDB ini karena ini menyangkut masa depan siswa-siswi di Kutai Kartanegara.” ucap Jafar.

Ia juga menambahkan bahwa wali murid bisa menyampaikan keluhannya langsung dengan pelayanan spesial dengan tersedianya website khusus dari SMAN 1 Tenggarong, lengkap dengan petunjuk cara menggunakannya. Adapula dengan nomor Whatsapp yang bisa dihubungi oleh wali murid dan terhubung langsung dengan sekolah.

“Sekali lagi kami sampaikan kepada pihak Telkom untuk bisa lebih pro aktif kepada PPDB Online 2020 ini karena sangat krusial dan darurat. Masa depan anak-anak ini ada di kelancaran PPDB ini. Kami juga sampaikan mohon maaf yang sebesar-besarnya pada seluruh pihak yang mengalami kendala ini.” tambahnya.

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!