Pustekkom Kemdikbud adakan Fasilitasi Guru Terampil 20 Provinsi di Indonesia

Pustekkom Kemdikbud adakan Fasilitasi Guru Terampil 20 Provinsi di Indonesia

Samarinda - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menempatkan TIK sebagai salah satu pendukung utama tersedianya layanan pendidikan. Penyediaan tenaga pendidik kompeten yang merata di seluruh Indonesia telah dinyatakan sebagai salah satu tujuan strategis.

Dalam pemanfaatan TIK, peran guru sangatlah penting, guru memiliki potensi yang sangat strategis dalam hal pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi untuk pembelajaran.

Untuk itu Bidang Pengembangan Teknologi Pembelajaran (PTP) Berbasis RTF (Radio, Televisi dan Film) Pustekkom Kemdikbud yang setiap tahunnya program kerja yang diharapkan dapat meningkatkan kapasitas guru dalam memanfaatkan TIK berbasis radio, televisi dan film untuk pembelajaran berhasil menyelenggarakan kegiatan "Fasilitasi Guru Terampil dalam Memanfaatkan TIK untuk Pendidikan Berbasis Radio, Televisi dan Film Tahun 2019," ini.

Kegiatan yang dilaksanakan selama di 20 Provinsi di seluruh Indonesia dengan rentang waktu antara bulan April s.d Juli tahun 2019 dan untuk Di Kalimantan Timur bertempat di Kantor UPTD Tekkom & Infodik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim Jalan Biola, Samarinda selama 2 hari mulai 3-4 Juli 2019.

Dalam pembukaan yang dibuka langsung oleh Kasubag Tata Usaha Panaco, M.Si menyampaikan bahwa guru yang hadir sebagai peserta dapat mengikuti dan dapat menambah pengetahuan dalam setiap materi yang disampaikan.

Adapun materi yang disampaikan antara lain:

1. Kebijakan Nasional Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan

2. Pengenalan Produk dan Layanan Pustekkom berupa Televisi Edukasi, Suara Edukasi, Rumah Belajar (mengakses, mendaftar dan mengunduh) dan Kuis Kihajar 2019.

3. Pemanfaatan Konten TV Edukasi

4. Pembuatan Vlog Model Pemanfaatan TV Edukasi

Selain itu, agar kegiatan ini terarah dan tepat sasaran, setiap peserta memiliki kriteria:

1. Memiliki minat terhadap pemanfaatan TIK untuk pembelajaran

2. Belum pernah mengikuti pelatihan sejenis dari Pustekkom

3. Memiliki kemampuan dasar komputer dan membawa laptop

5. Guru memiliki NUPTK

6. Usia maximal 45 tahun

7. Memiliki keterampilan komunikasi lisan dan tulisan dengan baik

Target peserta secara nasional kegiatan fasilitasi tahun ini  yaitu 30 guru yang berasal dari 10 sekolah SMK/SMA terdekat, diutamakan SMK Broadcast/Multimedia.

Narasumber yang hadir antara lain, Muhammad Yahya, M.Kom Duta Rumah Belajar 2018, Arif Widyansyah, Puji Raharjo Pustekkom Kemdikbud. hrm.

 

  • Tags:

Ada 1 Komentar untuk Update Ini

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!