SMA 6 Berau Juara Harapan II Tingkat Nasional

Keterangan Gambar : UARA HARAPAN: Kepala Perpustakaan SMA 6 Berau, Alfina Rusdiana, (enam kanan) berfoto bersama usai menerima penghargaan juara lomba perpustakaan tingkat nasional.

SMA 6 Berau Juara Harapan II Tingkat Nasional

Perpustakaan SMA Negeri 6 Berau meraih Juara Harapan II dalam Lomba Perpustakaan tingkat Nasional 2018. 

SMA 6 yang menjadi utusan Kalimantan Timur berada di peringkat kelima setelah Jogjakarta, Jawa Tengah, Riau, dan Jawa Timur yang masing-masing di peringkat 1,2 3 dan Harapan I. Sementara di peringkat Harapan III diraih utusan dari Jawa Timur. SMA Negeri 6 Berau menjadi satu-satunya dari Kalimantan yang meraih juara.

Ketua Asosisasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (Atpusi) Berau, Mariani mengungkapkan, sebelumnya perpustakaan SMA Negeri 6 masuk grand final bersama 15 perpustakaan sekolah dari 34 provinsi se-Indonesia. Peprustaakan sekolah yang terletak di Kampung Labanan Jaya, Kecamatan Teluk Bayur, ini juga telah mengikuti penilaian dan klarifikasi lapangan oleh tim penilai pusat yang datang ke perpustakaan sekolah.

Selain itu, pengelola Perpustakaan SMA Negeri 6 Berau juga telah mengikuti tahapan presentasi yang dilakukan langsung kepala perpustakaan di hadapan dewan juri di Jakarta. Pemaparan itu terkait profil sekolah dan perpustakaan, serta berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan maupun dukungan dari seluruh stakeholder dalam mendorong kemajuan perpustakaan sekolah daerah.

“Alhamdulillah, dari semua tahapan yang sudah dilalui, Perpustakaan SMA 6 meraih juara Harapan II Tingkat Nasional,” ungkapnya.

Persaingan antarsekolah dalam pengelolaan perpustakaan melalui lomba tingkat nasional ini diakui Mariani sangat ketat. Namun dengan segala program dan kegiatan yang dilaksanakan, serta dukungan dari berbagai pihak, terutama Bupati Berau dan Wakil Bupati Berau serta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan maupun Dinas Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur, SMA 6 mampu berada di peringkat lima nasional. Prestasi ini diakuinya menjadi motivasi untuk terus menjadi yang terbaik dan mampu bersaing dengan perpustakaan dari provinsi lain, seperti sekolah di Jawa. “Ini jadi semangat kita untuk terus menjadi yang terbaik dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah dari provinsi lain,” ucapnya.

Mariani yang juga Ketua Atpusi bersama jajaran sekolah dan pengelola perpustakaan SMA Negeri 6 menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder yang selama ini mendukung literasi dan perpustakaan di Kabupaten Berau, baik dukungan dari pemerintah maupun dari perusahaan swasta yang terus mensupor keberadaan perpustakaan sekolah ini.(hms4/asa)

Sumber : berau.prokal.co

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!