Wagub Ungkap Rasa Bangga Lulusan SMK Negeri Pelayaran Kalimantan Langsung Diterima di Dunia Kerja

Wagub Ungkap Rasa Bangga Lulusan SMK Negeri Pelayaran Kalimantan Langsung Diterima di Dunia Kerja

Samarinda -Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, M.Si wisudakan 26 taruna/taruni SMK Negeri Pelayaran Kalimantan didampingi Kabid Pembinaan SMK Drs. Deslan Nispayani dan Kepala SMKN Pelayaran Kalimantan Budi Stiarto, M.Pd dalam Upacara Wisuda Pelantikan Perwira Muda Niaga Periode IV tahun 2020. (16/1).

Dalam sambutannya saat bertindak sebagai pemimpin upacara wisuda yang dihadiri pula orangtua/wali siswa tersebut Hadi Muyadi menyampaikan rasa bangga terhadap lulusan SMKN Pelayaran Kalimantan yang langsung diterima dan bergabung dalam dunia kerja melalui perusahaan-perusahaan yang sudah bekerjasama dengan pihak sekolah.

"Atas nama pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, saya merasa bangga atas keberhasilan seluruh wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan Ahli Nautika dan Teknik Tingkat IV ini sudah dapat berkontribusi dalam dunia kemaritiman dengan bergabungnya dalam dunia kerja, itu adalah capaian yang membanggakan", kata Hadi.

Hadi Mulyadi juga menambahkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di tahun ini juga akan mengalokasikan dana daerah sebesar 9 Milyar untuk SMK Negeri Pelayaran Kalimantan, serta Disdikbud Kaltim juga segera akan alokasikan dana untuk sekolah yang sudah mengantongi standar pendidikan nasional dan internasional ini.

Selain itu, seusai upacara dilangsungkan pemotongan pita oleh Wakil Gubernur Hadi Mulyadi di ruang Drift Simulator yang akan digunakan siswa untuk praktek mengemudikan kapal.

Kepala SMK Negeri Pelayaran Kalimantan dalam wawancara menyampaikan kegunaan simulator yang baru di buka secara resmi oleh Wagub berupa pemotongan pita itu.

"Brift Simulator adalah alat simulasi yang bisa berperan sebagai nahkoda, disitu ada radar, GMDSS dan 7 alat lainnya dalam simulator itu, sehingga ketika anak-anak kelas VIII sudah mendapatkan dasar yang cukup maka praktek secara lengkapnya disitu, seakan-akan mereka mendapatkan tugas untuk mengarahkan kapal dan praktek lainnya." Ungkap Budi.

SMK Negeri Pelayaran Kalimantan merupakan instansi yang didirikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sebagai perpanjangan tangan dalam mewujudkan Visi dan Misi pemerintah dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya di bidang transportasi maritim. Instansi ini telah melahirkan ratusan Perwira Muda Pelayaran Niaga sejak didirikan pada tahun 2002 silam.

Hingga tahun 2019, SMK Negeri Pelayaran Kalimantan telah mendidik 16 angkatan taruna dan taruni serta menghasilkan ratusan perwira dan masinis (sebutan untuk Ahli Mesin Kapal) pelayaran kapal niaga yang berdinas baik di perusahaan pelayaran dalam negeri maupun luar negeri.

 

 

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!