Wakil Gubernur Monitoring Pelaksanaan PPDB Online

Keterangan Gambar : Wakil Gubernur di dampingi Kepala UPTD Tekkom & Infodik berbincang dengan Kepala SMAN 2 Tenggarong

Wakil Gubernur Monitoring Pelaksanaan PPDB Online

Samarinda - Proses PPDB Online yang serentak dilaksanakan pada 1 - 5 Jui 2019 se Kalimantan Timur terpantau berjalan dengan berbagai hambatan dan kendala. Di SMAN 2 Samarinda Jalan Kemakmuran No. 27, Samarinda pada pra pendaftaran menerima pendaftar jalur zonasi = 159 orang, jalur prestasi = 64 orang, pindah alamat = 5 orang. Kendala pada pra pendaftaran yaitu permasalahan ada pada jalur aplikasi yang mungkin melakukan updating pada saaat pelaksanaan PPDB. Alur pendaftaran dalam PPDb saat ini menggunakan dua mode yaitu:

Mode A = siswa datang langsung ke sekolah kemudian sekolah membantu mendaftarkan melalui operator. Mode B = Siswa mendaftar dari rumah kemudian verifikasi oleh operator di sekolah. Jumlah keseluruhan panitia dan tenaga operator untuk menangani PPDB berjumlah 44 orang.

Kendala sejauh ini aplikasi terkadang tidak bisa diakses, ranking belum final masih per jalur, mencabut berkas harus melalui opsi pembuat aplikasi. Pelatihan bagi operator untuk PPDB di Kab/Kota dan Provinsi di laksanakan di Balikpapan yaitu pelatihan teknis PPDB, alur pendaftaran, pengumuman serta penanganan masalah PPDB. Langkah selanjutnya setelah mendaftar yaitu menunggu rekap/hasil melalui web ppdb.kaltimprov.go.id.

Firdaus Tommy selaku operator berharap untuk PPDB tahun depan dapat diperbaiki system dan juknis PPDB.

Sementara itu pemantauan selanjutnya bertempat di SMAN 3 Samarinda Jalan Juanda No 20, Samarinda menerima pendaftar pada pra pendaftaran total berjalan 2 hari = 349 orang. Kendala pada pra pendaftaran baiknya tidak perlu ada pra pendaftaran karena bisa dilakukan pada pendaftaran.

Menurut Jaka Rahmadaniansyah selaku operator menyampaikan alur pendaftaran dalam PPDB saat ini lebih simple yaitu ada daftar mandiri dan daftar ke sekolah tujuan. Jumlah keseluruhan panitia dan tenaga operator untuk menangani PPDB kali ini berjumlah 40 orang termasuki 4 operator.

Kendala sejauh ini adalah aplikasi masih tidak sesuai juknis. Pelatihan bagi operator untuk PPDB di Kab/Kota dan Provinsi dengan selesaikan aplikasi lalu diadakan pelatihan. Langkah selanjutnya setelah mendaftar yaitu melihat jurnal online di situs public ppdb. Harapan untuk PPDB tahun depan adalah pakai aplikasi tim Telkom, pembuatan juknis harap operator dilibatkan dan juknis memakai kalimat global tidak rinci.

Tenggarong - Untuk pelaksaan PPDB Online di SMAN 1 Tenggarong, Kutai Kartanegara yang menerima pendaftar pada pra pendaftaran 67 orang dan pada pendaftaran untuk jalur zonasi = 289 orang, perpindahan orang tua = 3 orang, prestasi 20 orang.

Di SMAN 2 Tenggarong menerima pendaftar pada pra pendaftaran berjumlah 98 orang pendaftar, aplikasi pada pra pendaftaran berjalan lancar namun kendala pada pendaftaran berupa aplikasi yang belum siap sehingga berulang kali tidak dapat diakses.

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Hadi Mulyadi memantau langsung pelaksanaan PPDB Online di SMAN 1 Tenggarong dan SMAN 2 Tenggarong di dampingi Kepala UPTD Tekkom dan Infodik Disdikbud Kaltim.

Kesamaan kendala yang dialami sekolah pada pelaksaan PPDB kali ini diharapkan dapat dijadikan pelajaran dan dapat diatasi sehingga kedepannya bisa lebih baik dan terorganisir lebih mudah dan simple.

 

 

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!