WEBSITE BEASISWA KALTIM TUNTAS RAIH PERINGKAT I KATEGORI APLIKASI INOVATIF DI AJANG KI KALTIM AWARD

WEBSITE BEASISWA KALTIM TUNTAS RAIH PERINGKAT I KATEGORI APLIKASI INOVATIF DI AJANG KI KALTIM AWARD

Samarinda - Perkembangan keterbukaan informasi publik yang berbasis digital berhubungan erat dengan teknologi digital itu sendiri dalam memberikan informasi, badan publik sebagai pemberi informasi harus memperhatikan kondisi demografi. Saat ini sangat sedikit orang yang membuka informasi melalui desktop, tetapi melalui smartphone. Jadi, informasi harus sejalan dengan perkembangan yang ada. tantangan di era digital memungkinkan adanya pemenggalan informasi yang selanjutnya disalahgunakan melalui narasi berbeda dan pada akhirnya menyesatkan (hoax), sedangkan kelompok milenial membutuhkan informasi secara cepat dan berformat singkat.

Tantangan tersebut diharapkan mampu diminimalisasi dan diatasi dengan pelaksanaan keterbukaan informasi publik oleh badan publik melalui sarana website dan media sosial. Digitalisasi layanan informasi publik itu juga mensyaratkan pemerataan akses jaringan internet diseluruh wilayah Provinsi Kaltim dan itu menjadi tantangan juga kedepannya dikarenakan masih ada wilayah-wilayah di Provinsi Kaltim yang belum sepenuhnya bisa mengakses jaringan internet. Badan publik juga diharapkan makin inovatif dalam mengemas informasi publik agar mudah dicerna dan diserap. Tinggal kedepannya bagaimana mengelola digitalisasi keterbukaan informasi publik itu sebagai upaya kreatif dan inovatif dalam mendorong kemaslahatan bersama.

Dalam kaitan dengan semua hal tersebut diatas upaya dan inisiasi Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Timur untuk memonitoring dan mengapresiasi implementasi keterbukaan informasi publik melalui website / situs badan publik melalui ajang seperti KI Kaltim Awards 2019 sebagai bagian dari upaya mendorong optimalisasi website badan publik untuk layanan informasi publik berkualitas di provinsi kalimantan timur. Website badan publik merupakan ujung tombak dalam pelayanan keterbukaan informasi publik. Website salah satu sarana strategis yang harus dimanfaatkan dalam membuka kran transparansi informasi publik setiap badan publik di provinsi kalimantan timur.

Di kegiatan KI Kaltim Awards 2019 yang dilaksanakan tanggal 7 November 2018 bertempat di ballroom Swiss-Bell Hotel Borneo Samarinda, terdapat 14 kategori Web Award yaitu : Pemerintah Desa, Kelurahan, OPD Pemkab / Pemkot, OPD Pemprov Kaltim, BUMD, Perusda se-Kaltim, BLUD, Perguruan Tinggi Negeri, Kantor Pengadilan, KPU / Bawaslu, BUMN, Instansi Vertikal, Kantor DPRD dan Badan Publik Non-Pemerintah.

di dalam ajang KI Kaltim Awards yang kedua kalinya ini Disdikbud mendapat peringkat I kategori “Aplikasi Inovatif” melalui website Beasiswa Kaltim Tuntas. Website beasiswa kaltim tuntas merupakan salah satu bentuk Pelayanan publik berbasis online, yang dibuat untuk memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar beasiswa tanpa perlu membawa berkas fisik ke lokasi tempat mendaftar.

Pendaftaran beasiswa melalui sistem online dibuat guna menghindari tatap muka antara yang ingin mendaftar dengan tim sekretariat beasiswa, sehingga dapat menghindari adanya cheating dan KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Pendaftaran beasiswa dengan sistem online adalah sistem pendaftaran yang mengutamakan efisiensi agar mudah, murah, cepat, akurat dan transparan karena dapat di akses di laman pendaftar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pendaftaran beasiswa berbasis online diharapkan menjadi suatu hal yang baik, dimana masyarakat dianggap turut serta membantu mengurangi pemanasan global yaitu dengan tidak menggunakan kertas / ATK secara berlebihan (Paperless Culture).

dengan mulai ter-implementasinya keterbukaan informasi publik maupun pelayanan publik berbasis online di lingkungan Disdikbud melalui website beasiswa kaltim tuntas ini diharapkan agar para pegawai maupun masyarakat semakin “open-minded” dengan majunya teknologi dan memanfaatkan kemudahan ini dengan semestinya.

 

 

  • Tags:

Tuliskan Komentar Anda disini

Captcha tidak terbaca? klik disini untuk refresh.

Subscribe To Newsletter

Every week Get our latest update to your email.

!