img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail

UPTD PKLK

UPTD PENDIDIKAN KHUSUS DAN LAYANAN KHUSUS

 Kata Pengantar

UPTD PK-LK adalah salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur yang berdiri berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 22 Tahun 2013 tanggal 28 Maret 2013, tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Khusus dan Layanan Khusus pada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur. Pembentukan UPTD PK-LK dilandasi oleh tanggungjawab yang besar dalam bidang pendidikan dan pengajaran khusus untuk anak berprestasi atau cerdas dan berbakat istimewa melalui sekolah unggulan, melaksanakan pendidikan untuk anak yang mempunyai kelainan fisik, emosional, mental dan sosial melalui satuan pendidikan luar biasa (SLB), serta melaksanakan pendidikan layanan khusus pada wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.

Harapan kami, melalui booklet UPTD PK-LK ini dapat memberikan informasi sehingga akan terwujud kerjasama yang baik dalam menangani anak berkebutuhan khusus dan layanan khusus di Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala UPTD PKLK :Drs. H. Khairani, M.M

 

 Visi

 UPTD Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus

“Terwujudnya Layanan Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan

Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus yang optimal di Wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur”

 

Misi

UPTD Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus

  1. Memperluas kesempatan dan pemerataan layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus.

  2. Meningkatkan mutu dan relevansi pendidikan khusus, untuk anak berprestasi atau cerdas dan berbakat istimewa.

  3. Meningkatkan efesiensi dan efektivitas pendidikan. Meningkatkan manajemen/tata kelola dan pencitraan publik layanan pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus.

 

Tugas Pokok dan Fungsi

 UPTD Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus dipimpin oleh seorang Kepala UPTD yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

 

 Tugas Pokok

 UPTD Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus mempunyai tugas pokok:

  1. Melaksanakan sebagian kegiatan teknis operasional dan/atau kegiatan teknis penunjang Dinas di bidang pendidikan dan pengajaran khusus untuk anak berprestasi atau cerdas dan berbakat istimewa melalui sekolah unggulan;
  2. Melaksanakan pendidikan untuk anak yang mempunyai kelainan fisik,  emosional, mental, dan sosial melalui satuan pendidikan luar biasa (SLB);
  3. Melaksanakan pendidikan layanan khusus, merupakan pendidikan bagi para peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segi ekonomi,pada wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur.

 

Fungsi

Untuk menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, UPTD Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana teknis operasional pendidikan khusus dan layanan khusus;
  2. Pelaksanaan kebijakan teknis operasional pendidikan khusus dan layanan khusus;
  3. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan pendidikan, pengajaran, kurikulum, kesiswaan dan pengasuhan, sarana dan prasarana, serta pengoordininasian sekolah;
  4. Pengelolaan urusan ketatausahaan;
  5. Pembinaan kelompok jabatan fungsional;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 STRUKTUR ORGANISASI

Klik untuk melihat

 

 SUB BAGIAN TATA USAHA

Sub Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan perencanaan program, keuangan, ketatausahaan, rumah tangga, perlengkapan, kepegawaian dan kehumasan, dengan uraian tugas sebagaiberikut:

  1. Menyusun rencana kerja Sub bagian;
  2. Menyiapkan dan melaksanakan rencana kerja sub bagian tata usaha dan UPTD;
  3. Menyiapkan dan melaksanakan pelayanan administrasi UPTD;
  4. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan kearsipan dan pengelolaan;
  5. Menyiapkan dan melaksanakan penyiapan kebutuhan barang, menyimpan, menginventarisasi, mendistribusikan, memelihara dan menyiapkan penghapusan inventaris yang menjadi tanggungjawab UPTD;
  6. Menyiapkan dan melaksanakan pengelolaan kebersihan, ketertiban dan keamanan di UPTD serta lingkungannya;
  7. Menyiapkan dan melaksanakan pelayanan publik;
  8. Menyiapkan dan melaksanakan informasi dan melaksanakan koordinasi pada UPTD;
  9. Menyiapkan pedoman pendirian sekolah;
  10. Menyiapkan dan melaksanakan proses ijin operasional dan penutupan sekolah;
  11. Menyiapkan dan melaksanakan pengawasan pendayagunaan bantuan sarana dan prasarana pendidikan;
  12. Menyiapkan dan melaksanakan daftar kehadiran pegawai, menyusun dan menyampaikan laporan absensi pegawai, memelihara data dan file kepegawaian;
  13. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan kebutuhan diklat di lingkungan UPTD;
  14. Menyiapkan dan melaksanakan pelayanan pembinaan pegawai sesuai dengan kewenangan yang berlaku;
  15. Menyiapkan dan melaksanakan Daftar Urut Kepangkatan dan Daftar Penilaian Pelaksanaan kinerja;
  16. Menyiapkan dan melaksanakan analisis data rencana anggaran pembiayaan kegiatan dari masing-masing satuan kerja dan UPTD;
  17. Menyiapkan dan melaksanakan rencana anggaran belanja dan perubahan anggaran UPTD;
  18. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan admintrasi keuangan dalam rangka pembiayaan kegiatan UPTD sesuai anggaran yang telah ditetapkan;
  19. Menyiapkan dan melaksanakan membuat laporan sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  20. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Jabatan Fungsional

Jabatan Fungsional dipimpin oleh seorang tenaga fungsional senior sebagai ketua kelompok dan bertanggung jawab kepada kepala UPTD. Jabatan fungsional mempunyai fungsi melaksanakan penyiapan sebagian tugas UPTD dalam pelayanan Pendidikan Khusus; dengan uraian tugasnya:

  1.  Menyusun rencana kerja tahuinan jabatan fungsional;
  2. Menyiapkan dan melaksanakan kebijakan kepengawasan di bidang kurikulum, kesiswaan, ketenagaan, sarana dan prasarana dalam rangka mengarahkan, membimbing, mensupervisi, mengawasi, mengoordinasi, memantau, mengevaluasi, serta mengendalikan penyelenggaraan operasional sekolah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Menyiapkan dan melaksanakan pemantapan dan penyempurnaan rancangan program tahunan pengawasan tingkat provinsi;
  4. Menyiapkan dan melaksanakan program semester pengawasan satuan pendidikan yang menjadi tanggungjawab pengawas pada sekolah masing-masing;
  5. Menyiapkan dan melaksanakan penilaian, pengolahan dan analisis data hasil belajar siswa dan kemampuan guru di sekolah sasaran;
  6. Menyiapkan dan melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data sumberdaya pendidikan, proses pembelajaran dan lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap perkembangan dan hasil belajar siswa;
  7. Menyiapkan dan melaksanakan analisis hasil belajar siswa dengan cara memperhitungkan beberapa faktor sumberdaya pendidikan yang mempengaruhi hasil belajar siswa;
  8. Menyiapkan dan melaksanakan bimbingan kepada guru tentang pelaksanaan proses pembelajaran siswa;
  9. Menyiapkan dan melaksanakan perbaikan pelaksanaan tugas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran siswa;
  10. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan peningkatan mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;
  11. Menyiapkan dan melaksanakan bimbingan karir kepada guru untuk peningkatan kemampuan profesionalnya;
  12. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengembangan model layanan CI-BI, pendidikan inklusi dan akselerasi;
  13. Menyiapkan dan melaksanakan evaluasi hasil pengawasan seluruh sekolah yang menjadi tanggungjawabnya;
  14. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan pengelolaan administrasi sekolah.
  15. Menyiapkan dan melaksanakan pemantauan dan membimbing pelaksanaan penerimaan siswa baru;
  16. Menyiapkan dan melaksanakan pemantauan dan membimbing pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional ( UN);
  17. Menyiapkan dan melaksanakan pemberian saran penyelesain kasus khusus di sekolah; yang menjadi tanggungjawabnya;
  18. Menyiapkan dan melaksanakan pedoman dan pelaksanaan akreditasi sekolah;
  19. Menyiapkan dan melaksanakan bimbingan penilaian dalam rangka akreditasi sekolah;
  20. Menyiapkan dan melaksanakan evaluasi hasil pengawasan pada sekolah yang menjadi tanggungjawabnya;
  21. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan karya tulis/karya ilmiah dalam bidang pendidikan khusus;
  22. Menciptakan karya seni;
  23. Menemukan teknologi tepat guna;
  24. Membuat laporan bulanan dan tahunan dari masing-masing sekolah sesuai tugas dan fungsinya;
  25. Melaksanakan tugas lain sesuai tugas dan fungsinya;

 

Seksi Kurikulum dan Kesiswaan

Seksi Kurikulum dan Kesiswaan mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan serta pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, urusan kurikulum dan kesiswaan serta pembinaan minat ektrakurikuler, menyiapkan dan melaksanakan kebijakan melalui koordinasi dengan pihak sekolah:

  1. Menyusun rencana kerja seksi;
  2. Menyiapkan dan melaksanakan rencana kerja tahunan seksi;
  3. Menyiapkan dan melaksanakan pengolahan data statistik keadaan siswa pada sekolah yang menjadi tanggungjawab UPTD PK-LK;
  4. Menyiapkan dan melaksanakan analisis data informasi siswa pada sekolah yang menjadi tanggungjawab UPTD PK-LK;
  5. Menyiapkan dan melaksanakan persiapan ujian akhir nasional dan ujian akhir sekolah;
  6. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan petunjuk teknis pelaksanaan penerimaan siswa baru;
  7. Menyiapkan dan melaksanakan lomba kompetensi siswa;
  8. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan pedoman prosedur mutasi siswa;
  9. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan kalender pendidikan;
  10. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan rencana kegiatan dan pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar;
  11. Menyiapkan dan melaksanakan pengumpulan dan pengelola data siswa berkebutuhan khusus;
  12. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan dan pengusulan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);
  13. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan dan merumuskan kurikulum tingkat satuan pendidikan/Kurikulum 2013;
  14. Menyiapkan dan melaksanakan penerimaan siswa baru;
  15. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, dan melaksa- nakan evaluasi belajar siswa secara periodik dan berkelanjutan;
  16. Menyiapkan dan melaksanakan bimbingan dan konseling kepada siswa;
  17. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan bakat dan prestasi siswa;
  18. Menyiapkan dan melaksanakan pengembangan ketrampilan siswa dalam penyiapkan life skill/ vokasional skill.
  19. Menyiapkan dan melaksanakan assesment kemampuan siswa;
  20. Menyiapkan dan melaksanakan pengembangan dan pengelolaan perpustakaan sekolah; 

 

Seksi Ketenagaan, Sarana dan Prasarana

Seksi Ketnagaan, Sarana dan Prasarana mempunyai tugas melakukan pengumpulan dan penyiapan bahan serta pelaksanaan pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana pendidikan, dengan uraian tugas:

  1. Menyusun rencana kerja seksi;
  2. Menyiapkan dan melaksanakan rencana kerja seksi ketenagaan, sarana dan prasarana pendidikan khusus;
  3. Menyiapkan dan melaksanakan data statistik dan laporan keadaan sarana dan prasarana pada sekolah yang menjadi tanggungjawab UPTD PK-LK;
  4. Menyiapkan dan melaksanakan analisis data informasi sarana dan prasarana pada sekolah yang menjadi tanggungjawab UPTD PK-LK;
  5. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan kemitraan dengan lembaga penyelenggara;
  6. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan buku pelajaran dan alat pendidikan khusus;
  7. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan buku raport dan blangko ijazah;
  8. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan buku pedoman teknis standar mutu pelayanan;
  9. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan buku pedoman penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan/Kurikulum 2013 khusus pada sekolah yang menjadi tanggungjawab UPTD PK-LK;
  10. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan sarana dan bahan ketrampilan pada shelter workshop;
  11. Menyiapkan dan melaksanakan perangkat lomba komptensi guru;
  12. Menyiapkan dan melaksanakan pengadaan bahan kebutuhan operasional;
  13. Menyiapkan dan melaksanakan perangkat diklat pembinaan karir tenaga pendidik dan kependidikan pada UPTD dan sekolah yang menjadi tanggungjawab UPTD PK-LK;
  14. Menyiapkan dan melaksanakan perangkat pembinaan dan pengembangan sarana prasarana;
  15. Menyiapkan dan melaksanakan laporan sesuai tugas dan fungsinya;
  16. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan tugas dan fungsinya;
  17. dst;

 

Sekolah

Sekolah dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah beserta perangkat organisasi lainnya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Kepala UPTD, menyelenggarakan kegiatan dengan uraian tugasnya:

  1. Menyusun dokumen sekolah, rencana kerja sekolah dan rencana kerja anggaran sekolah;
  2. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan rencana kegiatan dan pelaksanaan program kegiatan belajar mengajar;
  3. Menyiapkan dan melaksanakan pengumpulan dan pengelola data siswa berkebutuhan khusus;
  4. Menyiapkan dan melaksanakan urusan ketatausahaan sekolah;
  5. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan dan pengusulan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan Rencana Kerja Anggaran Sekolah (RKAS);
  6. Menyiapkan dan melaksanakan penyusunan dokumen dan merumuskan kurikulum tingkat satuan pendidikan/Kurikulum 2013;
  7. Menyiapkan dan melaksanakan penerimaan siswa baru,
  8. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar,
  9. Menyiapkan dan melaksanakan evaluasi belajar siswa secara periodik dan berkelanjutan;
  10. Menyiapkan dan melaksanakan bimbingan dan konseling kepada siswa;
  11. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan bakat dan prestasi siswa;
  12. Menyiapkan dan melaksanakan pengembangan ketrampilan siswa dalam penyiapkan life skill/ vokasional skill.
  13. Menyiapkan dan melaksanakan assesment kemampuan siswa;
  14. Menyiapkan dan melaksanakan pengembangan dan pengelolaan perpustakaan sekolah;
  15. Menyiapkan dan melaksanakan pengembangan dan pengelolaan laboraturium sekolah;
  16. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah;
  17. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan anak berbakat dan anak cerdas istimewa;
  18. Menyiapkan dan melaksanakan pembinaan kewirausahaan;
  19. Menyiapkan dan melaksanakan pembentukan dan melakukan koordinasi dengan komite sekolah;
  20. Menyiapkan dan melaksanakan pengembangan Manajemen Berbasis Sekolah dan Sekolah Berbasis Masyarakat;
  21. dst;

 

Tujuan Strategi

  1. Tersedia dan terjangkaunya layanan Pendidikan Khusus, minimal 80% di seluruh kab/kota se-Kalimantan Timur, tahun 2014/2015.
  1. Tersedia dan terjaminnya pelayanan pendidikan khusus, minimal 80 % bagi anak Cerdas Istimewa-Bakat Istimewa (CI-BI), melalui sekolah unggulan di setiap jenjang SD, SMP, SMA dan SMK minimal satu di setiap kab/ kota, tahun 2014/2015.
  1. Tersedia dan terjaminnya pelayanan anak pendidikan khusus, minimal 80 % untuk anak yang mempunyai kelainan fisik, emosional, mental, dan sosial melalui satuan pendidikan luar biasa (SLB), tahun 2014/2015.
  1. Tersedia dan terjaminnya pendidikan layanan khusus, minimal 50 % bagi para peserta didik di daerah terpencil atau terbelakang, masyarakat adat yang terpencil, masyarakat adat yang terpencil, dan/atau mengalami bencana alam, bencana sosial dan tidak mampu dari segiekonomi,pada wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur, tahun 2014/2015.
  1. Terbentuknya pusat layanan pendidikan khusus rata-rata minimal 1 (satu) di setiap jenjang SD, SMP, SMA dan SMK minimal satu di setiap kab/ kota dengan mutu yang baik dan relevan dengan kebutuhan peserta didik, tahun 2014/2015.
  2. Tersedianya sistem yang handal dalam tata kelola untuk menjamin terselenggaranya PK-PLK yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat/ peserta didik.

 

Isu Penting Uptd PK-LK

  1. Isu ketersediaan dan keterjagkauan pelayanan;
  2. Pendidikan Khusus : peserta didik yang mengalami kesulitan mengikuti proses pembelajaran karena cacat fisik dan mental melalui SLB dan anak cerdas istimewa dan bakat istimewa melalui sekolah unggulan.
  3. Pendidikan Layanan Khusus : peserta didik yang bermukim di daerah perbatasan, terpencil bencana alam, kendala sosial, dan ekonomi.
  4. Kontribusi terhadap APK pendidikan dasar sekurang-kurangnya 80% (2014/2015).
  5. Kontribusi terhadap APK pendidikan menengah sekurang-kurangnya 80% (2014/2015).
  6. Penguatan mutu dan relevansi PK-PLK Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur.

 

 

UPTD Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus

Jl. PM. Noor Komplek Education Center Sempaja No Telp. 0541-220166

Email: uptdpklk.kaltim@gmail.com

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

IndexGaleri Foto

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa