img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail

UPTD PKB

 

 KALTIM

DINAS PENDIDIKAN KALIMANTAN TIMUR 

UPTD PENGEMBNGAN KEGIATAN BELAJAR

 

VISI

Terwujudnya Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) yang bermutu serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal (PTK-PNF) yang Profesional di Kalimantan Timur.

MISI

  1. Mewujudkan Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI) yang bermutu.
  2. Meningkatkan daya saing pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan nonformal melalui peningkatan kompetensi dan kualifikasi.
  3. Meningkatkan kesejahteraan melalui penghargaan dan perlindungan Pendidik dan tenaga Kependidikan pendidikan Nonformal.
  4. Mewujudkan sistem layanan Pendidikan Nonformal dan Informal (PNFI)

 

STRUKTUR ORGANISASI

 

 

TUGAS POKOK & FUNGSI (TUPOKSI)

  • KEPALA UPTD PKB

    TUGAS POKOK

    Mengarahkan dan menyusun rencana dan  pelaksanaan program Pengkajian dan Pengembangan,Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal dan Informal, Mengkoordinasikan, mengawasi, mengendalikan, mengarahkan,  pengelolaan Ketatausahaan dan pembinaan kelompok Jabatan Fungsional agar pelaksanaan tugas dapat berjalan optimal.

    FUNGSI
    1. Mengarahkan penyusunan rencana program UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar dengan mengarahkan dan memberi petunjuk untuk menyusun rencana kerja.
    2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan berdasarkan rencana kerja UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar  sesuai tugas pokok dan fungsi agar dapat dilaksanakan dengan efektif.
    3. Mendistribusikan tugas kepada Kepala Subbag/ Seksi sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya agar kegiatan berjalan sesuai dengan program kerja masing-masing.
    4. Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar  sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya untuk sinkronisasi tugas.
    5. Mengendalikan pelaksanaan tugas UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar dengan membimbing, mengarahkan dan mengawasi untuk optimalisasi tugas ;
    6. Melaksanakan koordinasi perencanaan program Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan, dan Pengelolaan Ketatausahaan, dan kelompok Jabatan Fungsional ;
    7. Menyiapkan bahan pembinaan, bimbingan pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan pedoman Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal dan Informal ;
    8. Menyiapkan bahan  pembinaan, bimbingan  pengendalian dan pengaturan teknis penyusunan pedoman Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal ;
    9. Menyiapkan  bahan  pembinaan, bimbingan pengendalian dan pengaturan teknis pengelolaan Ketatausahaan ;
    10. Menyiapkan  bahan  pembinaan, bimbingan pengendalian dan pengaturan teknis Kelompok Jabatan Fungsional ;
    11. Melakukan pengawasan dan penilaian kepada bawahan dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan/pedoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai ;
    12. Melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan Pengembangan Kegiatan Belajar Pendidikan Non Formal dan Informal Di Kabupaten/Kota sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mengetahui capaian hasil ;
    13. Mengevaluasi pelaksanaan program UPTD Pengembangan Kegiatan Belajar untuk mengetahui tingkat pencapaian kegiatan, permasalahan yang dihadapi serta upaya pemecahan ;
    14. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugas dan melaporkan kepada pimpinan.

 

  • KASUBBAG. TATA USAHA

    TUGAS POKOK

    Menyusun rencana program Sub Bagian Tata Usaha, mengumpulkan dan menyiapkan bahan perencanaan program keuangan, ketatausahaan, rumahtangga, kepegawaian, perlengkapan, dan kehumasan.

    FUNGSI
    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Sub Bagian Tata Usaha berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan acuan;
    2. Menyiapkan bahan penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu;
    3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik ;
    4. Mengawasi dan  mengendalikankegiatan Sub Bagian Tata Usaha Berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas ;
    5. Menyiapkan  kegiatan keuangan, ketatausahaan, rumah tangga, kepegawaian, perlengkapan, dan kehumasan sesuai dengan peraturan agar tertib administrasi ;
    6. Mengawasi dan  mengarahkan pelaksanaan pengadaan, penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran barang berdasarkan peraturan yang berlaku agar tertib administrasi ;
    7. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang ada dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pegawai;
    8. Menyiapkan bahan koordinasi kegiatan ketatausahaan, rumahtangga, kepegawaian, perlengkapan, dan kehumasan dengan instansi terkait berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas;
    9. Menyusun dan membuat laporan inventaris barang/ asset secara periodic berdasarkan peraturan perundangan-undangan yang berlaku untuk tertib administrasi ;
    10. Mengevaluasi pelaksanaan tugas berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan permasalahan yang dihadapi serta upaya penyelesaian masalahnya;
    11. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada pimpinan.

 

  • KASI PENGKAJIAN DAN PENGEMBNAGAN

    TUGAS POKOK

    Menyiapkan  bahan  penyusunan rencanaProgram , Mengumpulkan dan menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan dan pengendalian Pengkajian dan Pengembangan  Pendidikan Non Formal dan Informal sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

    FUNGSI
    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Seksi Pengkajian dan Pengembangan  Pendidikan Nonformal dan Informal berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan acuan;
    2. Menyiapkan bahan  penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu;
    3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik ;
    4. Mengawasi dan  mengendalikan kegiatan Seksi Pengkajian dan Pengembangan   Berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas ;
    5. Melakukan pengumpulan dan menyiapan bahan koordinasi pembinaan dan pengendalian Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal dan Informal ;
    6. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan  pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang ada dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pegawai;
    7. Menyiapkan  bahan  laporan hasil monitoring kegiatan Pengkajian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Dan Informal sebagai bahan evaluasi kegiatan selanjutnya ;
    8. Melakukan pengawasan dan penilaian kepada pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan / pedoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai ;
    9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan  permasalahan yang dihadapi serta upaya penyelesaian masalahnya;
    10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada pimpinan.

 

  • KASI PENINGKATAN MUTU PTK PNFI

    TUGAS POKOK

    Menyiapkan  bahan  penyusunan rencanaProgram , Mengumpulkan dan menyiapkan bahan koordinasi, pembinaan dan pengendalian Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal dan Informal sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

    FUNGSI
    1. Menyiapkan bahan penyusunan rencana program Seksi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal dan Informal berdasarkan peraturan yang berlaku sebagai bahan acuan;
    2. Menyiapkan bahan  penyusunan pelaksanaan kegiatan berdasarkan program agar kegiatan dapat terlaksana tepat waktu;
    3. Mendistribusikan tugas kepada pegawai sesuai dengan jabatannya agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik ;
    4. Mengawasi dan  mengendalikan kegiatan Seksi Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan  Berdasarkan peraturan untuk optimalisasi tugas ;
    5. Melakukan pengumpulan dan menyiapan bahan koordinasi pembinaan dan pengendalian Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Non Formal dan Informal ;
    6. Melakukan pembinaan dan penilaian pegawai sesuai peraturan dengan cara memberikan  pengarahan sesuai peraturan dan pedoman yang ada dalam rangka untuk meningkatkan kinerja pegawai;
    7. Menyiapkan  bahan  laporan hasil monitoring kegiatan Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan sebagai bahan evaluasi kegiatan selanjutnya ;
    8. Melakukan pengawasan dan penilaian kepada pegawai dengan cara memberikan pengarahan dan pembinaan sesuai dengan peraturan / pedoman dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai ;
    9. Mengevaluasi pelaksanaan tugas berdasarkan rencana dan realisasinya untuk mengetahui tingkat pencapaian program dan  permasalahan yang dihadapi serta upaya penyelesaian masalahnya;
    10. Melaksanakan tugas lain sesuai dengan bidang tugasnya dan melaporkannya kepada pimpinan.

 

  • FUNGSIONAL (PAMONG BELAJAR)

    TUGAS POKOK

    Merencanakan, Melaksanakan, Pemantauandan Penilaian Kegiatan Belajar Mengajar, Pengkajian dan Pengembangan Model Program PAUDNI.

    FUNGSI
    1. Mengidentifikasi  penyelenggaraan program PAUDNI sebagai anggota;
    2. Melaksanakan pemantapan persiapan kegiatan pembelajaran/pelatihan/pembimbingan sebagai anggota;
    3. Menyusun desain penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar sebagai anggota;
    4. Menyusun silabus pembelajaran;
    5. Menyusun silabus pelatihan;
    6. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran;
    7. Menyusun rencana pelaksanaan pelatihan;
    8. Melaksanakan pembelajaran;
    9. Melaksanakan pelatihan;
    10. Menyusun instrumen penilaian hasil pembelajaran sesuai mata pelajaran/materi yang diampunya/disampaikan;
    11. Menyusun instrumen penilaian hasil pelatihan sesuai matapelajaran/materi yang diampunya/disampaikan;
    12. Menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai mata pelajaran/materi yang diampunya/disampaikan;
    13. Menilai dan mengevaluasi hasil pelatihan sesuai mata pelajaran/materi yang diampunya/disampaikan;
    14. Menganalisis hasil penilaian pembelajaran;
    15. Menganalisis hasil penilaian pelatihan;
    16. Melaksanakan diskusi terfokus hasil penilaian pembelajaran/pelatihan/pembimbingan;
    17. Melaksanakan perbaikan dan pengayaan pembelajaran/pelatihan/pembimbingan berdasakan hasil diskusi terfokus;
    18. Menyusun desain pengkajian program sebagai anggota;
    19. Menyusun instrumen pengkajian program sebagai anggota;
    20. Memvalidasi instrumen pengkajian program sebagai anggota;
    21. Melaksanakan orientasi petugas pengumpul data pengkajian program sebagai anggota;
    22. Melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, serta pelaporan pengkajian program sebagai anggota;
    23. Menyusun rancangan pengembangan model program dan/atau model pembelajaran/pelatihan/pembimbingan PNFI anggota; dan
    24. Melaksanakan pengembangan model program dan/atau model pembelajaran/pelatihan/pembimbingan PNFI sebagai anggota.

     

  • PROGRAM KERJA 2014
  1. Penyediaan jasa surat menyurat
  2. Penyediaan jasa komunikasi, sumber daya air dan listrik
  3. Penyediaan jasa peralatan dan perlengkapan kantor
  4. Penyediaan jasa pemeliharaan dan perizinan kendaraan dinas/operasional
  5. Penyediaan jasa kebersihan kantor
  6. Penyediaan jasa perbaikan peralatan kerja
  7. Penyediaan alat tulis kantor
  8. Penyediaan barang cetakan dan penggandaan
  9. Penyediaan komponen instalasi listrik/penerangan bangunan kantor
  10. Penyediaan bahan bacaan dan peraturan perundang‑undangan
  11. Penyediaan makanan dan minuman
  12. Rapat‑rapat koordinasi dan konsultasi ke luar daerah
  13. Rapat‑rapat koordinasi, pembinaan dan pengawasan ke dalam daerah
  14. Pengamanan Aset, Kantor dan Rumah Jabatan
  15. Pengadaan Perlengkapan Kantor
  16. Pemeliharaan rutin/berkala kendaraan dinas/operasional
  17. Pengadaan pakaian dinas beserta perlengkapannya
  18. Penulisan dan pencetakan buletin
  19. Pencetakan dan penulisan buku panduan
  20. Peningkatan Manajemen Pengelolaan Keuangan Daerah
  21. Pemberdayaan tenaga pendidik non formal
  22. Pemberian operasional pendidikan non formal
  23. Pengembangan pendidikan kecakapan hidup
  24. Penyediaan sarana dan prasarana pendidikan non formal
  25. Pengembangan data dan informasi pendidikan non formal
  26. Pengembangan kurikulum, bahan ajar dan model pembelajaran pendidikan non formal
  27. Perencanaan dan penyusunan program pendidikan non formal
  28. Publikasi dan sosialisasi pendidikan non formal
  29. Monitoring, evaluasi dan pelaporan
  30. Pengembangan mutu dan kualitas program pendidikan dan pelatihan bagi pendidik dan tenaga kependidikan
  31. Pengembangan sistem penghargaan dan perlindungan terhadap profesi pendidik
  32. Pelaksanaan kerjasama secara kelembagaan di bidang pendidikan

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

IndexGaleri Foto

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa