Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur

HUT ke-54 Prov.Kaltim Tahun 2011

Kamis, 23 Desember 2010

Samarinda – Pemprov Kaltim menyelenggarakan lomba-lomba dalam rangka peringatan HUT ke-54 Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2011, diantaranya lomba Paduan Suara, Tari Jepen, dan Baca Puisi. Untuk lomba Paduan Suara dikhususkan bagi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD/Instansi) dilingkungan Pemprov dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur membawakan lagu wajib “Heart of Borneo” cipt. Edwin Leo, sedangkan untuk lagu pilihan membawakan Lagu Daerah Kalimantan Timur. Untuk arransement bagi lagu wajib maupun lagu pilihan ditentukan sendiri oleh peserta.

Untuk juara lomba paduan suara disediakan berupa Piala tetap, piagam penghargaan, dan uang pembinaan. Bagi peserta yang berminat dapat mendaftarkan diri ke Dinas Pendidikan Prov. Kaltim melalui Bidang Pembinaan TK, SD dan SLB Jalan Basuki Rahmat No.5 Samarinda atau melalui Bapak Triono Budiwiryawan  0852 5005 3317 atau ibu Isnawati 0852 5093 7788. Keterangan lebih lanjut mengenai tekhnis lomba silakan klik disini.

Lomba Tari Jepen1 dibuka untuk umum dengan mendapat rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan/Pariwisata setempat. Music pengiring dapat berupa rekaman kaset/cd atau live dengan jumlah pemusik 6 hingga 8 orang. Pemenang lomba disediakan bagi juara terbaik, juara unggulan, penata tari, music dan kostum. Peserta yang ingin mengikuti lomba dapat menghubungi langsung Bapak Asrani 0852 5014 9763. Atau dapat dilihat disini.

Baca puisi terbuka bagi umum atau masyarakat yang memiliki KTP Kaltim. Puisi dapat membawakan ciptaan sendiri maupun ciptaan orang lain. Bagi pemenang disediakan hadiah berupa piala tetap, piagam dan uang pembinaan. Lebih lengkapnya silakan klik disini.

Penjurian untuk lomba-lomba dimaksud seperti diungkapkan oleh coordinator lomba Dra. Hj. Dayang Budiati2 mengatakan, untuk dewan juri/pengamat adalah para pakar yang kompeten, mereka tidak membina salah satu peserta (freelance) yang terdiri dari juri-juri professional dibidangnya.

By. dENy/eDy

  1. Jepen adalah kesenian rakyat Kutai yang dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islam. Kesenian ini sangat populer di kalangan rakyat yang menetap di pesisir sungai Mahakam maupun di daerah pantai. Tarian pergaulan ini biasanya ditarikan berpasang-pasangan, tetapi dapat pula ditarikan secara tunggal. Tari Jepen ini diiringi oleh sebuah nyanyian dan irama musik khas Kutai yang disebut dengan Tingkilan. Alat musiknya terdiri dari gambus (sejenis gitar berdawai 6) dan ketipung (semacam kendang kecil). Karena populernya kesenian ini, hampir di setiap kecamatan terdapat grup-grup Jepen sekaligus Tingkilan yang masing-masing memiliki gayanya sendiri-sendiri, sehingga tari ini berkembang pesat dengan munculnya kreasi-kreasi baru seperti Tari Jepen Tungku, Tari Jepen Gelombang, Tari Jepen 29, Tari Jepen Sidabil dan Tari Jepen Tali.
  2. Kepala Bidang Pembinaan TK, SD dan SLB Dinas Pendidikan Prov. Kaltim

Sharing Berita