img

Berprestasi, 412 Siswa Dapat Penghargaan

SAMARINDA Gubernur Kaltim,  Dr H Awang Faroek Ishak berpesan agar pelajar Kaltim terus membangun percaya diri demi sukses lebih baik. Tanpa percaya diri, prestasi terbaik rasanya akan sulit dicapai. Mencontek adalah satu perilaku yang menunjukkan siswa tidak percaya diri.

           “Kalau ada yang mecontek, itu berarti dia tidak percaya diri dengan kemampuan sendiri. Tapi saya yakin, pelajar berprestasi di sini tidak ada yang mencontek,” kata Faroek saat Pemberian Penghargaan Bagi Siswa Berprestasi dan Sosialisasi Pendidikan Karakter Siswa SMP dan SMA di Samarinda, Jumat (14/10).

Tidak berarti satu prestasi yang dicapai, jika prestasi itu diperoleh dengan cara tidak jujur. Karena itu, selain percaya diri, setiap pelajar juga harus membangun kejujuran dan tingkah laku sehari-hari, termasuk dalam proses belajar dan berkreasi.

Gubernur melanjutkan, prestasi dengan rasa percaya diri (tidak curang) hanya bisa dicapai jika setiap siswa memiliki semangat dan kesungguhan belajar yang baik serta tidak membuang-buang waktu dengan aktifitas yang tidak bermanfaat.

Pesan menuju sukses lain yang disampaikan Gubernur Awang Faroek di depan ratusan siswa SMP dan SMA berprestasi itu  adalah agar setiap siswa penting untuk memiliki target dan tujuan dari setiap proses yang dijalani. Tanpa itu, setiap pelajar cenderung akan merasa puas dengan apa yang sudah diraih dan tidak ada semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi ke jenjang yang lebih baik.

 “Setiap siswa harus menentukan target sehingga selalu ada sasaran yang dituju. Ini diperlukan agar prestasi bisa terus ditingkatkan dan siswa tidak cepat berpuas diri dengan apa yang sudah diraih dan kehilangan motivasi untuk prestasi-prestasi selanjutnya,” kata Faroek.

Saran lain yang diberikan Faroek agar pelajar aktif berorganisasi dan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler. Ini juga penting untuk membentuk karakter siswa yang lebih baik. “Dari semua itu, hal terpenting yang harus dilakukan sejak awal adalah luruskan niat dalam belajar. Selain menambah wawasan, niatkan juga bahwa belajar adalah bagian ibadah kepada Allah,” pesan Faroek.

Gubernur menambahkan, penghargaan yang diberikan Pemprov Kaltim tidak saja untuk pelajar SMP dan SMA, tetapi kepada pelajar lainnya termasuk SD, sekolah kejuruan dan perguruan tinggi, termasuk penghargaan kepada para guru. Penghargaan seperti ini sangat penting kata gubernur agar para pelajar memiliki kebanggaan dan kemudian bekerja dan berkarya untuk membangun Kaltim demi masa depan yang lebih baik.         

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim,  H Musyahrim mengatakan penghargaan kali ini diberikan kepada 412 siswa SMP dan SMA di Kaltim. Terdiri dari 256 siswa SMP dan 137 siswa SMA. Selain penghargaan, siswa berprestasi ini juga mendapatkan uang pembinaan Rp 1,2 juta per orang.

 “Mereka adalah siswa berprestasi di bidang akademik, seni dan olahraga yang kami nilai sejak Januari hingga September 2011. Kami berharap, penghargaan ini memberi motivasi pelajar lainnya untuk berprestasi,” kata Musyahrim.

Setelah pemberian penghargaan, para pelajar juga akan mendapat pendidikan tentang bahaya Narkoba, tertib lalu lintas dan pendidikan karakter.(yans/adv)



Video

Kejurda Cricket 2014

Galeri Video >>
Agenda
  • img
  • img
  • img
  • img
Copyright © 2014 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
Supported by IT Disdik