img
alt text

100 Siswa SD/MI Ikuti Tes IMSO 2012, Musyahrim : Motivasi Guru Mapel

100 Siswa SD/MI Ikuti Tes IMSO 2012, Musyahrim : Motivasi Guru Mapel

SAMARINDA – Terhitung 100 siswa  sekolah dasar dan sederajatnya (SD/MI) dari kabupaten kota se-Kaltim mengikuti tes seleksi calon peserta 9th International Mathematics and Science Olympiad (9th IMSO) 2012.

“Kegiatan ini merupakan agenda tetap dan secara  rutin diselengarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui jalur B atau yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pembinaan Sekolah Dasar,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Drs H Musyahrim di ruang kerjanya, Jumat (2/3).

Menurut dia, kegiatan ini sangat positif terutama dalam upaya memotivasi para guru khususnya pada bidang studi atau membidangi mata pelajaran Matematika dan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam).

Namun lanjutnya, khusus untuk kegiatan IMSO ini dilaksanakan untuk tingkat sekolah dasar dan bagi peserta yang dinyatakan lulus dengan nilai atau grade tertinggi akan dikirim ke tingkat nasional untuk mengikuti tes pada tahap berkutnya yang dilaksanakan langsung Direktorat Pembinaan SD Kemendikbud.

“Peserta yang lolos ditingkat provinsi ini akan diikutkan pada tahap berikutnya secara nasional di Jakarta dengan pembiayaan sepenuhnya ditanggung  pihak Kementerian. Kita Berharap siswa-siswi Kaltim yang masuk pada tahap berikutnya di tingkat nasional mampu berprestasi hingga di ajang internasional nantinya,” harap Musyahrim.

Sementara itu Tim Penguji dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Agus Firmansyah menyebutkan dari seluruh peserta yang mengikuti tes seleksi calon peserta  9th IMSO 2012 dari Kaltim ini akan diambil 50 peserta nilai tertingi untuk ikut tes pada tahap kedua.

“Nantinya akan diambil 100 peserta atau 50 orang dari masing-masing mata pelajaran untuk mengikuti tes pada tahap kedua secara nasional, sehingga seluruh peserta berjumlah 3.300 orang dari 33 provinsi. Sedangkan tim penilainya akan melibatkan perguruan tinggi yang memiliki kedua program studi tersebut baik Matematika maupun IPA,” ujar Agus Firmansyah.

Dijelaskannya, sejak digelar ajang olimpiade internasional untuk Matematika dan IPA ini, Kaltim selalu rutin mengikuti dan mengirimkan pesertanya walaupun belum mampu ikut berlaga ditingkat internasional.

Pada tahun lalu diajang 8th IMSO Indonesia mampu meraih tiga medali emas yang digelar di negara Fhilipina pada 2-6 September 2011 lalu. Khusus untuk tes seleksi calon peserta 9th IMSO 2012 akan dilakukan empat tahap.

Untuk  wilayah Kaltim hanya diikuti sembilan kabupaten kota yakni Samarinda, Balikpapan, Bontang dan Tarakan serta Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Berau dan Kutai Barat. Sedangkan daerah yang tidak mengirimkan pesertanya, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Tana Tidung, Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Kutai Timur.(yans/adv)  



Copyright © 2014 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
Supported by IT Disdik