PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan

Detail Berita

Ketua MPR Bacakan Soal Cerdas Cermat 4 Pilar

13 Maret 2012 | Oleh: NUMESA

FOTO

SAMARINDA- Ketua MPRI RI, Taufik Kiemas dijadwalkan membacakan soal Cerdas Cermat 4 pilar yang digagas lembaga legislatif tertinggi itu, pembacaan soal bagi peserta se- Kaltim rencananya akan didampingi oleh Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak.

SAMARINDA- Ketua MPRI RI, Taufik Kiemas dijadwalkan membacakan soal Cerdas Cermat 4 pilar yang digagas lembaga legislatif tertinggi itu, pembacaan soal bagi peserta se- Kaltim rencananya akan didampingi oleh Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak.
   
“Saat ini cerdas cermat tingkat SLTA itu masih berlangsung di SMA 10 Melati yang saya buka malam kemarin, sedangkan final akan digelar pada Rabu (15/3), saat final itulah direncanakan Ketua MPR dan Gubernur Kaltim membacakan soal untuk peserta lomba,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim di Samarinda, Senin.

   
Dilanjutkan, jumlah peserta cerdas cermat tingkat Provinsi Kaltim ini sekitar 200 kelompok yang datang dari 14 kabupaten dan kota se- Kaltim

   
Sedangkan peserta yang berhasil mendapat juara pertama dalam kegiatan ini, akan diikutkan pada Cerdas Cermat 4 Pilar di tingkat pusat yang direncanakan digelar sekitar November 2012.

   
Soal yang dipertanyakan dalam cerdas cermat ini antara lain mengenai Tap MPR dan hal-hal yang berkaitan dengan pancasila, di samping juga mengenai pengetahuan siswa tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

   
Menurut Musyahrim yang juga ketua PGRI Kaltim ini, kegiatan tersebut sangat positif karena mampu menambah wawasan kebangsaan bagi siswa, sekaligus menambah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

   
Apalagi saat ini banyak siswa yang dalam tindakannya tidak sesuai dengan Pancasila, seperti masih seringnya terjadi tawuran pelajar, tawuran remaja dan berbagai tindakan lain yang tidak sesuai dengan falsafah Pancasila.

   
Dia berharap pada 2012 ini, pelajar Kaltim yang menjadi juara pertama di ajang tersebut, kemudian dikirim ke Jakarta untuk mengikuti cerdasa cermat yang sama di tingkat nasional, dapat mendapat juara se- Indonesia.

   
Menurutnya, peluang untuk mendapat juara tahun ini sangat besar, pasalnya pada cerdas cermat sejenis yang digelar pada 2010, SMA Negeri 1 Tenggarong, Kutai Kartanegara berhasil masuk dalam grand final, sehingga tinggal sedikit perbaikan untuk merebut juara. (pay)

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa