img
alt text

Kaltim Salurkan Beasiswa Rp103 M

SAMARINDA- Pemprov Kaltim Tahun 2011  menyiapkan anggaran senilai Rp103 miliar untuk  beasiswa   lebih dari 30.000 pelajar dan mahasiswa se  Kaltim  dari berbagai jenjang pendidikan.“Penyaluran beasiswa ini memang sengaja menggunakan sistem online melalui website Beasiswa Kaltim Cemerlang, agar objektif dan dapat diakses semua masyarakat di kabupaten atau kota di Kaltim,” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim.
   
Dikatakan, penyaluran beasiswa dilakukan melalui empat instansi, yakni dari pos anggaran di Biro Sosial, Dinas Pendidikan Kaltim serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan melalui tiga kabupaten di perbatasan negara, yakni Malinau, Nunukan, dan Kutai Barat.  

   
Untuk beasiswa melalui Biro Sosial, pengelolaannya dilakukan dengan sitem online lewat website dengan nama Beasisw Kaltim Cemerlang. Sedangkan nilai beasiswa yang dikelola Biro Sosial mencapai Rp70 miliar.

   
Selanjutnya, beasiswa yang dikelola oleh Dinas Pendidikan Kaltim senilai Rp30 miliar. Sedangkan beasiswa yang pengelolannya diserahkan tiga kabupaten di perbatasan, masing-masing senilai Rp1 miliar.

   
Rinciannya adalah, untuk Kabupaten Malinau Rp1 miliar, Nunukan Rp1 miliar, dan Kutai Barat Rp1 miliar. Untuk beasiswa bagi warga kabupaten di perbatasan ini bernama bantuan keuangan.

   
Beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa di perbatasan merupakan beasiswa khusus bagi masyarakat di kawasan perbatasan, pasalnya masyarakat di perbatasan selama ini sulit mengakses beasiswa secara global, sehingga diterapkan sistem khusus.

   
Sementara itu, Ketua Panitia Penyaluran Beasiswa Kaltim Cemerlang dengan sistem online, Bohari Yusuf mengatakan sejak dua tahun terakhir pihaknya sengaja menerapkan sistem online, tujuannya adalah agar tidak terjadi kontak fisik saat pendaftaran calon penerima beasiswa, sehingga terjadi objektivitas.

   
“Dari tahun ke tahun, Pemprov Kaltim melakukan perbaikan terhadap mekanisme penyaluran beasiswa, agar pemberian beasiswa bisa tepat sasaran, terutama kepada siswa yang kurang mampu tetapi berprestasi agar tetap apat melanjutkan pendidikan,” katanya.

   
Dia juga mengakatakan, peluncuran penyaluran Beasiswa Kaltim Cemerlang 2012 segera dilakukan pada April ini, atau tiga bulan lebih awal dari peluncuran tahun sebelumnya. 

   
Percepatan peluncuran dilakukan, agar tim pengelola penyaluran memiliki waktu lebih banyak dalam melakukan verifikasi bagi para calon penerima beasiswa.

   
Bohari yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim dan Staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan ini melanjutkan, dalam penyaluran Beasiswa Kaltim Cemerlang 2012 terdapat perubahan mendasar tentang mekanisme penyalurannya.

   
Jika pada tahun sebelumnya beasiswa yang dikelola Biro Sosial disama ratakan, namun pada 2012 ada pembagian, yakni dari Biro Sosial untuk beasiswa tidak mampu atau korban bencana, dari BKD bagi PNS yang ingin meningkatkan kompetensinya, dan dari Dinas Pendidikan untuk beasiswa prestasi. (pay)



Copyright © 2014 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
Supported by IT Disdik