img

Pemprov Kaltim Siapkan Rp3 Miliar Untuk Beasiswa Perbatasan

SAMARINDA- Pemprov Kaltim   2012 menyiapkan anggaran beasiswa  senilai Rp3 miliar, diperuntukkan khusus bagi pelajar dan mahasiswa di tiga kabupaten yang berada kawasan perbatasan dengan Malaysia bagian Timur.  
   
“Beasiswa khusus bagi pelajar dan mahasiswa di perbatasan ini diberikan Pemprov Kaltim kepada tiga kabupaten, yakni Malinau, Nunukan, dan Kutai Barat. Sedangkan nama beasiswa khusus ini adalah Bantuan Keuangan,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim. 

   
Masing-masing daerah, lanjutnya, mendapatkan jatah Rp1 miliar dan pihak kabupaten yang mengelola dan menyalurkan beasiswa itu, namun sebelumnya telah melalui usulan dari masing-masing pemerintah daerah setempat.

   
Dia berharap dalam penyaluran beasiswa dapat tepat sasaran, terutama bagi warga yang tidak atau kurang mampu secara ekonomi, apalagi bagi pelajar atau mahasiswa yang tidak mampu namun memiliki prestasi akademik.

   
Keinginan pihaknya dalam penyaluran beasiswa khusus melalui bantuan keuangan ini cukup sederhana, yakni agar kelak tidak ada lagi anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi namun tidak bisa karena terbentur masalah pembiayaan. 

   
Dikatakan, dalam pendaftaran atau verifikasi beasiswa khusus bagi warga perbatasan terdapat perbedaan dengan beasiswa yang diberikan Kaltim untuk daerah lain.

   
Untuk kabupaten dan kota lainnya dilakukan dengan sistem online atau cara mendaftarnya melalui website Beasiswa Kaltim Cemerlang, namun untuk di perbatasan tetap didata secara manual.

   
Perbedaan ini dilakukan karena di kawasan perbatasan merupakan daerah khusus yang masih banyak warganya belum dapat diakses internet,apalagi mendaftar untuk menerima beasiswa dengan sistem online.

   
Di tiga kabupaten yang mendapat jatah masing-masing Rp1 miliar itu, masih diperbolehkan mengikuti pendaftaran Beasiswa Kaltim Cemerlang yang total nilainya sekitar Rp100 miliar untuk semua daerah di Kaltim.

   
Namun bagi pelajar yang sudah memperoleh beasiswa khusus kawasan perbatasan melalui bantuan keuangan, tentu tidak diperkenankan mendaftar lagi ke beasiswa sistem online, pasalnya akan terjadi tumpang tindih penyaluran dan mengganggu sistem verifikasi.

   
Pendaftaran Beasiswa Kaltim Cemerlang yang senilai Rp100 miliar dengan sistem online itu, penyalurannya dilakukan dari tiga instansi, yakni melalui Biro Sosial bagi pelajar atau mahasiswa tidak mampu.

   
Kemudian beasiswa  berprestasi yang akan disalurkan melalui Dinas Pendidikan Kaltim, dan beasiswa bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ingin meningkatkan kompetensinya, maka penyaluran dananya dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah.

   
“Penyaluran dana memang dilakukan oleh tiga instansi, namun pendaftarannya tetap melalui satu pintu, yakni melalui internet atau dengan sistem online yang dikelola oleh tim yang mengani Beasiswa Kaltim Cemerlang 2012,” kata Musyahrim. (pay).



Pengumuman
Video

Kejurda Cricket 2014

Galeri Video >>
Agenda
Facebook
  • img
  • img
  • img
  • img
Copyright © 2014 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
Supported by IT Disdik