img
alt text

Pendaftar Beasiswa Kaltim Cemerlang Tercatat 31.066 Orang

Pendaftar Beasiswa Kaltim Cemerlang Tercatat 31.066 Orang

SAMARINDA-Jumlah pendaftar untuk program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang digulirkan Pemprov Kaltim sejak dibuka pada 30 April 2012, hingga saat ini sudah mencapai 31.066 pendaftar baik yang statusnya pelajar maupun mahasiswa.
   
“Sistem pendaftaran khusus untuk Beasiswa Kaltim Cemerlang yang anggarannya Rp70 miliar ini dilakukan secara online. Sedangkan hingga hari ini jumlah pendaftarnya mencapai 31.066 orang,” ujar Bohari Yusuf, Ketua Tim Beasiswa Kaltim Cemerlang Provinsi Kaltim.

   
Jumlah pendaftar itu berasal dari 14 kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sementara pendaftarannya akan ditutup pada 30 Juni 2012.

   
Saat ini, lanjut dia, Tim Beasiswa Kaltim masih melakukan verifikasi terhadap para pendaftar yang sudah menyerahkan berkas dan biodata fisik ke Sekretariat Beasiswa Kaltim Cemerlang di Dinas Pendidikan Kaltim.

   
Dikatakan, terdapat beberapa tahapan dalam pelaksanaan pendaftaran dengan sistem online tersebut, seperti sebelumnya tim telah melakukan persiapan, petunjuk teknis, hingga penyempurnaan software yang dilakukan mulai Januari hingga Maret.

   
Kemudian tahap pendaftaran dalam jaringan (online) dan penerimaan berkas calon penerima beasiswa dilakukan mulai 30 April hingga 30 Juni.

   
Tahap yang akan dilakukan berikutnya adalah verifikasi dan seleksi hingga September. Dilanjutkan dengan pengumuman yang diteruskan dengan penyaluran dana stimulan dan beasiswa kepada mereka yang lolos verifikasi, yakni dilakukan hingga Desember 2012.

   
Menurutnya, program Beasiswa Kaltim Cemerlang ini sudah berjalan dalam tiga tahun terakhir, dimulai sejak 2010 hingga 2012 dengan anggaran yang sama, yakni sebesar Rp70 miliar.

   
Selain beasiswa tersebut, lanjut Bohari Yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim ini, Program Kaltim Cemerlang 2012 juga menyiapkan beasiswa khusus, antara lain untuk program doktor. Beasiswa jenis ini kuotanya hanya 10 orang dengan waktu pendaftaran mulai Mei hingga Juni.

   
Sedangkan seleksi dan test dilakukan di Universitas Mulawarman dan diutamakan  bagi Calon Doktor yang telah diterima di Chulalongkorn University,Thailand, karena program ini bekerja sama dengan perguruan tersebut.

     
Beasiswa khusus lainnya adalah program magister (strata II) dengan kuota 20 orang penerima. Seleksi dan test dilakukan di Universitas Mulawarman Samarinda. (pay)



Copyright © 2014 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
Supported by IT Disdik