img

ISBI Mulai Buka Pendaftaran

SAMARINDA-Pendaftaran mahasiswa baru angkatan pertama Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Tenggarong sudah dibuka, yakni sejak 23 Juli dan akan ditutup pada 4 Agustus 2012, namun hingga kini ISBI belum memiliki kampus sendiri.
   
“Memang gedung ISBI belum ada, namun kampusnya segera dibangun di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk sementara, mahasiswa akan dititipkan di Universitas Mulawarman dan ISI Yogyakarta,” ujar staf Ahli Gubernur Kaltim Bidang Pendidikan, Bohari Yusuf.
   
Dalam ISBI dengan lulusan SI tersebut, lanjutnya, akan dibuka empat jurusan, yakni program studi Seni Tari, program studi Etnomusikologi, program studi Kriya Seni, dan program studi Televisi.
   
ISBI diperuntukkan bagi lulusan SMA dan sederajat tahun 2010 hingga 2012 khusus dari wilayah Kalimantan, sedangkan khusus dari lulusan SMA di Provinsi Kaltim yang lolos masuk ke ISBI akan mendapatkan beasiswa penuh dari Pemprov Kaltim.
   
Menurutnya, pada angkatan pertama, mahasiswa ISBI ditiipkan di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda dan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta karena gedung ISBI di Tenggarong belum ada, jika kampusnya sudah jadi, maka seluruh mahasiswanya pindah ke Tenggarong.
   
Bohari yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim ini melanjutkan, dititipkannya mahasiswa di dua perguruan tinggi negeri itu karena disesuaikan dengan program studi yang dipilih mahasiswa.
   
Dalam masing-masing jurusan, kata dia lagi, rencananya akan diterima sebanyak 40 mahasiswa, sehingga total mahasiswa angkatan pertama ISBI Tenggarong berjumlah 160 orang.
   
Sementara untuk pembangunan kampus ISBI ditargetkan mulai dikerjakan pada akhir 2012 melalui kerjasama dengan ISI Yogyakarta, sehingga dalam pengelolaanya juga melibatkan ISI Yogya.

Pendirian ISBI Tenggarong ini dengan pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), karena Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhammad Nuh ingin ada perguruan tinggi negeri besar di luar Pulau Jawa.(Pay).



Video

Indonesia Mengajar, Anis Baswedan

Galeri Video >>
Agenda
  • img
  • img
  • img
  • img
Copyright © 2014 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur
Supported by IT Disdik