Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur

Mahasiswa ITK Sementara Kuliah Di ITS

Jum'at, 27 Juli 2012

SAMARINDA-Sebanyak 100 mahasiswa Institut Teknologi (ITK), Balikpapan segera melakukan proses belajar mengajar di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pasalnya kampus ITK masih dalam proses pembangunan.
   
“100 mahasiswa ITK asal Kaltim yang belajarnya dititipkan di ITS Surabaya ini merupakan angkatan perdana, kelak jika gedung ITK sudah jadi, maka semua mahasiswanya akan pindah ke Balikpapan,” ujar Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, saat melepas 100 mahasiswa ITK di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat.

   
Mahasiswa angkatan pertama ITK tersebut merupakan mahasiswa yang biaya pendidikannya hingga selesai ditanggung Pemprov Kaltim, termasuk biaya asrama, atau semua mahasiswa asal Kaltim mendapat beasiswa penuh.

   
Dia berharap para lulusan ITK ke depan setelah lulus dapat mengabdikan ilmunya di Kaltim karena mendapatkan beasiswa dari Kaltim. Permintaan ini dinilai wajar karena keberhasilan para mahasiswa tersebut hingga lulus merupakan bantuan dari pemerintah daerah.

   
Sementara itu, Ketua Tim Fasilitasi ITK Kaltim, Dr Buhori Yusuf mengatakan sebanyak 100 mahasiswa yang terpilih tersebut akan berangkat ke Surabaya pada 29 Juli 2012.

   
Kemudian, pada Senin 30 Juli 2012 Tim Fasilitasi ITK Kaltim melakukan serah terima mahasiswa kepada ITS dengan menyatakan penitipan mahasiswa ITK kepada ITS Kaltim secara resmi yang dilakukan sebelum terbangunnya gedung ITK di Balikpapan.

   
Sejak 30 Juli 2012, lanjutnya, seluruh mahasiswa sudah bisa melaksanakan proses belajar layaknya mahasiswa ITS Surabaya, yakni yang diawali dengan registrasi mahasiswa baru hingga tes kesehatan.

   
Saat ini, kampus ITK sedang dalam tahap pembangunan yang lokasinya di Jalan Soekarno-Hatta kilometer 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan, atau sekitar dua jam perjalanan darat dari Samarinda, Ibukota Provinsi Kaltim.   

   
Pada angkatan pertama, lanjut Bohari yang juga Ketua Dewan Pendidikan Kaltim tersebut, ITK hanya mampu menampung 100 mahasiswa baru karena harus disesuaikan dengan fasilitas maupun daya tampung lokal belajar yang kini sedang dibangun itu.

   
100 mahasiswa tersebut terbagi menjadi lima program studi, yakni sebanyak 20 mahasiswa diterima di jurusan Teknik Mesin, 20 mahasiswa untuk jurusan Teknik Elektro, 20 mahasiswa untuk jurusan Teknik Kimia, dan 20 mahasiswa lagi untuk jurusan Teknik Perkapalan. (pay)

Sharing Berita


Berikan Komentar