Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur

Disdik Gelar Kuis Kihajar

Kamis, 30 Agustus 2012

SAMARINDA-Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim melalui UPTD Telekomunikasi dan Informasi Pendidikan segera menggelar Kuis Kihajar atau ‘Kuis Kita Harus Belajar’ mulai jenjang SD, SMP dan yang sederajat hingga jenjang SMA/SMK.
   
“Kuis ini merupakan agenda nasional yang dimulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, kemudian para pemenang tingkat provinsi akan berlaga di tingkat nasional,” ujar Kepala UPTD Telekomunikasi dan Informasi Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim, Hidayatullah.
   
Untuk Kuis Kihajar tingkat kabupaten dan kota akan digelar dua periode di dua wilayah, yakni untuk wilayah utara dilakukan di kabupaten dan kota masing-masing pada 4 September 2012.
   
Kabupaten dan kota di wilayah utara Provinsi Kaltim itu adalah Kota Tarakan, Kabupaten Berau, Bulungan, Malinau, Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung.
   
Sedangkan untuk periode kedua akan digelar pada 11 September 2012 untuk wilayah tengah dan Selatan yang juga serentak digelar di daerah masing-masing.
   
Wilayah tengah dan selatan Kaltim itu adalah Kutai Timur, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser.
   
Masing-masing juara pertama kuis tersebut, baik mulai jenjang SD hingga SMA/SMK akan mewakili daerahnya untuk berlomba di Tingkat Provinsi Kaltim. Sedangkan pelaksanaan lomba tingkat provinsi akan digelar pada 25 September 2012.
   
Jumlah peserta Kuis Kihajar total mencapai 150 siswa, yakni peserta dari jenjang SD sebanyak 50 siswa, peserta dari jenjang SMP sebanyak 50 siswa, dan peserta dari jenjang SMA/SMK sebanyak 50 siswa.
   
Total uang pembinaan yang diberikan kepada para pemenang Kuis Kihajar Tingkat Provinsi Kaltim mencapai Rp30 juta. Sedangkan juara di tingkat kabupaten dan kota, mengenai hadiah diserahkan kepada kebijakan Pemkot maupun Pemkab masing-masing.
   
Dia juga mengatakan untuk juara pertama di Tingkat Provinsi Kaltim akan diikutkan pada kegiatan yang sama di tingkat nasional, yakni yang akan digelar pada Oktober 2012, namun mengenai kepastian tanggalnya masih menunggu konfirmasi dari Kemendikbud.
   
Dikatakannya, materi atau soal yang diajukan dalam Kuis Kihajar adalah semua mata pelajaran. Sedangkan teknisnya adalah, masing-masing soal berikut pilihan jawabannya ditayangkan di layar dengan durasi antara 10 hingga 30 detik.
   
“Kuis ini menonjolkan kecepatan peserta dalam membaca dan memahami. Jika ada peserta yang lambat membaca dan lambata menganalisa, maka akan tertinggal dari peserta lainnya yang lebih cepat membaca dan memahami pertanyaan yang ditayangkan,” ujarnya.  (pay)

Sharing Berita


Komentar

  • M.ILHAM ABRAR :
    saya harap agar pengumuman lombax datang lebih awal agar kami sebgai peserta punya persiapan yang cukup untuk menghadapi lomba...... kami curiga bahwa ada KECURANGAN di sini..
  • fer :
    juatga
  • hanfi :
    begitu baiknya program yang diasjikan kihajar, tapi sayang masih banyak pendidik dan peserta didik khususnya di SD yang belum mengetahui. semoga ,enjadi bahan pertimbang bagi kihajar untuk sosialisasi lebih gencar
  • Raden Roro Mira Budiasih :
    14 Oktober 2011, saya mengikuti audisi pidato pemuda dan lolos seleksi mewakili Kalimantan Timur ke Jakarta. Dan disana saya juara 3. Dan tidak apresiasi terhadap saya dari pemerintah. http://202.149.85.43/index.php?view=video&id=9018:sma-al-azhar-3-jakarta-juara-pidato&option=com_jomtube&Itemid=166 Bagaimana Dinas Pendidikan menanggapi hal ini?
  • Berikan Komentar