Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur

2014 Kaltim Tetapkan Kouta Beasiswa Sebanyak 50.000 Pemohon

Rabu, 22 Januari 2014

SAMARINDA-Mulai 2014 kuota penerima beasiswa Kaltim Cemerlang   akan diperbanyak, yakni mencapai 50.000 orang. Untuk informasi pengumuman pendaftaran akan dilakukan secara online di media massa yang telah ditentukan Pemprov Kaltim.

Pendaftaran secara online juga akan memberikan kemudahan bagi para calon penerima. "Yang jelas realisasi beasiswa ini diberikan mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi, bahkan dosen. Beasiswa juga terbagi dalam beberapa kategori, yakni mulai beasiswa kurang mampu dan prestasi serta khusus,” Kadisdik Kaltim H Musyharim.

Musyahrim menambahkan, sejak awal Gubernur Awang Faroek Ishak berharap program beasiswa ini  dimaksudkan untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) Kaltim yang lebih berkualitas. Meski begitu, sharing dana dari pihak swasta melalui community social responcibility (CSR) juga sangat diperlukan untuk membangun sinergi yang kuat dengan pemerintah untuk penyiapan SDM Kaltim yang handal. Pemprov pun memberikan penghargaan kepada perusahaan yang telah menyalurkan CSR untuk program pendidikan di daerah melalui Kaltim Eduacation Award.

“Jadi, kami akan koordinasikan ini kepada pemerintah kabupaten dan kota, sehingga dapat diketahui perusahaan mana saja yang telah mendukung program pendidikan di daerah, sehingga nantinya berhak mendapatkan penghargaan,” jelasnya.

Tahun 2013 Pemprov Kaltim menyalurkan tidak kurang dari Rp101 miliar dana beasiswa Kaltim Cemerlang kepada tidak kurang 30.000 penerima. Sementara pada 2014 alokasi bantuan stimulan dan beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa di Kaltim mencapai Rp172.946.279.313 untuk 52.667 penerima, terdiri dari Beasiswa Kaltim Cemerlang Rp125.007.816.813 untuk 50.000 penerima, pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi Siswa SMAN 10, Mitra Pasiad dan Studi Luar Negeri Rp26.170.962.500 untuk 697 orang, beasiswa kualifikasi guru S1 dan S2 Rp19.937.500.000 untuk 1.480 orang dan beasiswa Tutor PAUD Rp1.830.000.000 untuk 490 orang.

Soal Evaluasi penyaluran beasiswa Kaltim Cemerlang tetap dilaksanakan oleh Disdik Kaltim. Hal ini dilakukan agar penyaluran beasiswa Kaltim Cemerlang tahun ini bisa lebih  tepat sasaran.

Kepala Disdik Kaltim H Musyahrim mengatakan, evaluasi dilakukan demi perbaikan untuk sistem penyaluran yang lebih baik. Perbaikan kemungkinan dilakukan dengan memberikan kuota tertentu di setiap  perguruan tinggi negeri dan swasta atau proses seleksi dan usulan dilakukan pemerintah kabupaten dan kota di Kaltim dan Kaltara.

“Dengan adanya sistem tersebut, maka masing-masing kabupaten dan kota, perguruan tinggi dan sekolah dapat menentukan kuota mereka, siapa yang berhak menerima. Meski begitu, Pemprov Kaltim juga tetap akan mengelola penerimaan beasiswa yang telah diprogramkan. Contohnya mahasiswa ITK dan ISBI,” jelasnya.pay.

Sharing Berita


Komentar

  • shelly swandari :
    mau tanya,kapan beasiswa katim cemerlang dibuka pada tahun 2014... infoo donk kira-kira bulan apa iah.....
  • vita army oktavia :
    kapan beasiswa kaltim 2014 dibuka ??dan persyaratannya apakah sama seperti yang lama atau ada yang terbaru ??
  • Tirsa Friskila :
    Mohon informasinya, kapan Beasiswa cemerlang 2014 dibuka? terimakasih.
  • Ansar H :
    assalamu alaikum,salam kenal kepada warga kaltim khususunya warga samarinda dari kami warga kab. berau,kami mohon dari pihak penyelanggara beasiswa cemerlang 2014 sehingga dapat memberikan informasi tentang penyelanggara anggaran beasiswa,jadwal pendaftaran dan jumlah kuota penerima,salam hangat dari dunia pendidikan,saat ini kami menjalani program study D3 di jakarta,oleh karena nya kami memohon perhatiannya dalam program beasiswa cemerlang 2014 agar dapat tercurahkan kepada kami,terima kasih
  • Julinda Manullang :
    berapa besaran beasiswa untuk sekolah pendidikan doktor di malayisia tiap tahun pada tahun 2014 ini. persyaratan apa? dan kapan dibuka pendaftaran?
  • inka kristie :
    bagaimana dengan beasiswa Khusus Malaysia?? sampai hari ini belum ada kabar pengumpulan berkas untuk pencairan uang beasiswa selanjutnya khususnya untuk mahasiswa S1 yang sesuai dengan perjanjian bahwa menerima beasiswa selama 4 tahun berturut-turut??? mohon infonya??? terima kasih.
  • inka kristie :
    bagaimana dengan beasiswa Khusus Malaysia?? sampai hari ini belum ada kabar pengumpulan berkas untuk pencairan uang beasiswa selanjutnya khususnya untuk mahasiswa S1 yang sesuai dengan perjanjian bahwa menerima beasiswa selama 4 tahun berturut-turut??? mohon infonya??? terima kasih.
  • inka kristie :
    bagaimana dengan beasiswa Khusus Malaysia?? sampai hari ini belum ada kabar pengumpulan berkas untuk pencairan uang beasiswa selanjutnya khususnya untuk mahasiswa S1 yang sesuai dengan perjanjian bahwa menerima beasiswa selama 4 tahun berturut-turut??? mohon infonya??? terima kasih.
  • Neni sinta Bala :
    link beasiswa dan pendaftaran onlinenya dapat di akses dimana ? trims
  • Trya Puji Lestari :
    ,,tolong informasinya mengenai kaltim cemerlang
  • edi andrianto :
    kapan beasiswa cemerlang 2014 nya di buka? terima kasih.
  • vera anitra :
    mohon info web site yang bisa untuk kami melakukan secra online, wweb site yang biasanya di gunkaan tidak dapat di akses, terimaksih.
  • siska novia :
    link beasiswa dan pendaftaran onlinenya dapat di akses dimana? terima kasih
  • ela :
    mohon infonya dong buat link untuk ngurus online
  • muhammad ansyar :
    mohon informasinya untuk mahasiswa yang meneruskan pendidikan diluar kaltim,bagaimana cara pembagian beasiswa kaltim cemerlangnya maupun prestasi ? dan dimohon tanggal berapa pendaftaran beasiswa Kaltim dibuka?
  • sri kumala yanti :
    mohon link beasiswanya. pendaftaran dan info selanjutnya dapat dilihat dimana.
  • zulkarnain :
    mana link nya?
  • Paulus Rapang :
    Pendaftaran Bea Siswa secara online bisa di akses dimana ? Terima kasih, Paulus R.
  • Berikan Komentar