img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Rakor Pembagian Tugas Tim Pengembang Kurikulum untuk Mapel UN dan USBN

06 Oktober 2015 | Oleh: Tim UPTD Tekkom dan Infodik

Rakor Pembagian Tugas Tim Pengembang Kurikulum untuk Mapel UN dan USBN

FOTO

Samarinda-Agar implementasi kurikulum berjalan dengan baik dan lancar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota melakukan kegiatan pendukung, antara lain penyediaan buku teks pelajaran bagi siswa dan buku pegangan guru.

Samarinda-Agar implementasi kurikulum berjalan dengan baik dan lancar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota melakukan kegiatan pendukung, antara lain penyediaan buku teks pelajaran bagi siswa dan buku pegangan guru.

Sebanyak 82 peserta yang terdiri dari 10 orang kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota, 10 orang pejabat eselon eselon IV dilingkungan Dinas Pendidikan Kab/Kota , 10 orang Pengawas PAUD/SD/SMP/SMA dan SMK, dan 52 orang Guru PAUD/SD/SMP/SMA DAN SMK mengikuti Rapat Koordinasi Pembagian Tugas Tim Pengembang Kurikulum (TPK ) untuk MAPEL UN dan USBN / Penulisan Buku Pengayaan di Hotel MJ Samarinda pada tanggal 6 Oktober 2015.

Kegiatan Penulisan Buku Pengayaan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab/Kota, Ketua Tim Pengembang Kurikulum Provinsi Kalimantan Timur, dan Nara Sumber dari Pusat

Drs. H. Ibrahim Amir,MM mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur yang berhalangan hadir untuk membuka kegiatan ini dalam sambutannya mengatakan:"Tim Pengembang Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tugas dalam rangka menganalisis tentang proses dan pengembangan proses pengembang pembelajaran di sekolah di satuan pendidikan".

Ditambahkannya "Tim Pengembang Kurikulum berkepentingan untuk melakukan suatu analisis sehingga pada hari ini kita melakukan rapat koordinasi dalam rangka bagaimana UN/ USBN itu makin baik kedepan. Tentu tidak terlepas dari Tim Pengembang Kurikulum dalam mengawal dan mendampingi kurikulum kita dalam proses pembelajaran khususnya dan persiapan sebelum dan akhir kegiatan pembelajaran. 3 kegiatan itulah sehingga Tim Pengembang Kurikulum mempunyai kepentingan untuk melakukan rapat koordinasi pada hari ini. Dalam rapat koordinasi ini kita bagi menjadi 3 tahapan", ujarnya

Pada kesempatan itu Dra. Atik Sulistyowati, M.Pd dalam laporan ketua panitia menyampaikan beberapa hal yaitu "Rapat Koordinasi ini selebihnya pada penulisan buku pengayaan di Dinas Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2015. Jadi, Bapak dan Ibu yang hadir disini ini adalah nanti dalam 1 hari akan dipandu ataupun bersama- sama dengan nara sumber dari pusat itu, akan membahas buku yang akan diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tmur".

Harapan dari kegiatan ini ialah "pertama adanya masukan atau sumbangsih, saran dari Dinas Pendidikan Kab/Kota, karena berkaitan dengan keunggulan dan kearifan lokal masing - masing daerah yang dapat diintegrasikan ke dalam buku yang berbasis muatan buku pengayaan yang akan dibuat atau direncanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur, kedua kesamaan presepsi tentang konten materi dan rumusan, format/sistematika penulisan buku pengayaan, Ketiga teknik pengintegrasian konten materi ataupun isi buku ke pengayaan beberapa kompetensi dasar yang ada dalam buku-buku pengayaan yang sudah direncanakan oleh bapak dan ibu sebagai anggota Tim pengembang Kurikulum Provinsi Kalimantan Timur", lanjutnya. (ra)

 

 

 

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa