img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Pelaksanaan UNBK SMAN 3 dan SMAN 5 Samarinda

04 April 2016 | Oleh: Tim UPTD Tekkom dan Infodik

Pelaksanaan UNBK SMAN 3 dan SMAN 5 Samarinda

FOTO

Samarinda— Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda Asli Nuryadin menyatakan bahwa, “ada 7 sekolah yang melaksanakan UNBK di Kota Samarinda”.

Diantaranya SMAN 3 Samarinda sebanyak 341 peserta menggunakan 3 ruangan dan sebanyak 334 peserta dari SMAN 5 Samarinda menggunakan 4 ruangan yang mengikuti Pelaksanaan UNBK hari ini.

Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMA yang berlangsung mulai tanggal 4 – 6 April 2016.

Terlihat anak-anak dari SMAN 3 dan SMAN 5 Samarinda begitu tenang dan lancar dalam mengerjakan soal –soal UNBK untuk mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan hari ini.

“Kami sudah mempersiapkan diri untuk  menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer ini dengan semaksimal mungkin disertai dengan selalu berdoa dan bertawakal kepada Tuhan Yang Maha Esa dan didukung dengan 3 kali simulasi pelatihan pelaksanaan UNBK dari sekolah”, ujar Bayu siswa SMAN 5 Samarinda.

Untuk pelaksanaan UNBK di SMAN 3 dan SMAN 5 Samarinda dilaksanakan 3 Sesi. Sesi pertama yaitu jam 07.30 WITA sampai dengan 09.30 WITA, kemudian sesi yang kedua itu sebanyak jam 10.30 - 12. 30 WITA . sesi ketiga dari jam 14.00 sampai dengan jam 16.00 WITA.

Kepala SMAN 3 Samarinda Abdul Rozak Fahrudin menyampaikan beberapa persiapan dalam pelaksanaan UNBK tahun ini.

"Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer kali ini kami telah mempersiapkan dengan sebaik mungkin. Pertama, dari bulan Desember sekolah menerima bantuan dari pusat senilai 200 juta rupiah, lalu kami belikan dalam bentuk komputer desktop yang dilengkapi dengan perangkat-perangkat nya." pungkas Rozak.

"Kemudian yang kedua, beberapa tahun yang lalu sekolah menerima bantuan dari Dinas Pendidikan Provinsi, dimana ada ruangan yang isinya bantuan dari provinsi, seperti Laptop dan jaringan yang sudah dipasang." tambahnya.

"Dan yang terakhir untuk mencukupi kekurangan tersebut, sekolah mengadakan rapat dengan orangtua murid perihal peminjaman laptop, dan orang tua murid merespon positif dengan antusias agar pelaksaan UNBK tahun ini dapat berjalan lancar." ungkapnya.

Sementara itu untuk UNBK di SMAN 3 Samarinda, sekolah telah mempersiapkan segala kemungkinan. Misal, jika listrik PLN mendadak padam, maka sekolah penyelenggara UNBK menyiapkan generator set (genset) untuk menunjang kelancaran pelaksanaan UN di sekolah tersebut.

“Dari segi penguasaan materi, anak-anak dibekali dengan bimbingan belajar yaitu memecahkan soal-soal yang diujikan. Sesuai dengan kisi- kisi yang ada, kemudian anak-anak dilatih dengan guru untuk terampil dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional Berbasis Komputer”, Ujar Bapak Soetrisno Kepala Sekolah SMAN 5 Samarinda. (ra)

 

 

 

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa