img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Pelaksanaan UN 2016 di Kota Balikpapan

06 April 2016 | Oleh: Tim UPTD Tekkom & Infodik

Pelaksanaan UN 2016 di Kota Balikpapan

FOTO

Balikpapan -- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di kota Balikpapan diikuti 5461 peserta dan untuk peserta yang mengikuti Ujian Nasional berbasis Paper Based Test (PBT) berjumlah 2564 peserta. Dengan rincian 17 sekolah SMA/SMK melaksanakan UNBK dan 39 sekolah  SMA/SMK melaksanakan PBT. Pelaksanaan UN di balikpapan untuk SMA Negeri dan Swasta berjumlah 5 Sub Rayon sedangkan untuk SMK Negeri dan Swasta berjumlah 6 Sub Rayon.

Ujian Nasional SMA/SMK yang berlangsung dari tanggal 4-7 April 2016 digelar di seluruh provinsi di Indonesia tidak terkecuali di wilayah Kota Balikpapan Kalimantan Timur. SMAN 1 Balikpapan menyelenggarakan UNBK yang kedua kalinya. Untuk Peserta SMAN 1 Balikpapan diikuti 373 peserta, dengan menggunakan 4 ruangan. Dan dilakukan 3 sesi dalam pelaksanaan UNBK di SMAN 1 Balikpapan.

“Dalam menghadapi UN 2016 kita menyiapkan anak-anak dengan Bimbel (Bimbingan Belajar). Kemudian kita mengadakan Try Out. Try Out ini bersifat internal maupun eksternal”, ungkap Kepala Sekolah SMAN 1 Balikpapan Drs. H.Seger Imam Suja’i, M.Pd

Try Out bersifat Eksternal SMAN 1 Balikpapan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo. Dengan mendatangkan soal-soal dari Solo, karena soal-soal di Jawa memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan soal-soal yang ada di Kaltim. Sehingga menjadi bahan perbandingan”, Pungkasnya.

“Ditambah dengan bedah SKL (Standar Kompetensi Lulusan). Apabila siswa-siswi merasa kesulitan dalam memahami pelajaran sesuai dengan SKL,  dari sekolah SMAN 1 Balikpapan telah menyediakan Klinik Mapel dan Program Cerdas”, ujarnya.

SMKN 1 Balikpapan menyelanggarakan UNBK dengan diikuti 576 peserta. Dengan menggunakan 5 ruangan. Pelaksanaan UNBK di sekolah ini dilaksanakan dengan 3 sesi.

“Pelaksanaan UNBK di SMKN 1  Balikpapan sudah dipersiapkan secara maksimal. Kalau Genset sudah ready”, ujar Kepala Sekalah SMKN 1 Balikpapan Drs. H. M. Syukri.

“SMKN 1 Balikpapan juga bersedia bergabung dengan SMA Syaichona Cholil dengan 10 peserta yang mengikuti Ujian Nasional berbasis kertas (PBT). SMA Syaichona Cholil ikut bergabung dalam pelaksanaan UN kali ini karena sekolah tersebut  belum bisa melaksanakan UN sendiri  yang selaras dengan kriteria sekolah penyelenggara Ujian Nasional”, tambahnya.(ra)

 

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa