img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Perlunya Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling

30 Oktober 2016 | Oleh: Tim UPTD Tekkom dan Infodik

Perlunya Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan Konseling

FOTO

Samarinda – Bimbingan  Konseling merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan kepada individu-individu dalam upaya mencapai tugas-tugas perkembangannya sehingga dapat berkembang  secara optimal.

Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru BK Jenjang SMP, SMA dan SMK Se Kalimantan Timur, pada 29 Oktober – 1 November 2016 di Hotel Grand Sawit (29/10).

Ketua Panitia , Dr. H. Akhmad,M.Kes  dalam laporannya mengatakan “Tujuan umum pelatihan ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Profesional Guru BK dalam memberikan pelayanan yang bermutu yaitu pelayanan yang  mampu mengarahkan, mengembangkan potensi dan tugas-tugas perkembangan individu yang menyangkut kematangan personal dan emosional , social, pendidikan,dan karir”.

“Hasil yang diharapkan dalam Pelatihan ini ialah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru BK dalam  memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah sesuai dengan tuntutan dalam kurikulum, meningkatnya kualitas kinerja guru BK khususnya  dalam memberikan  pelayanan kepada siswa dan memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait.

 Berubahnya pandangan yang miring dari teman sejawat tentang kinerja konselor sekolah melalui peningkatan profesionalisasi kerja”, tambahnya.

Peserta dalam  kegiatan ini berjumlah 60 orang yang berasal dari 10 Kab/Kota yang terdiri dari 20 orang AKBIN Provinsi Kaltim, 10 orang AKBIN/MGBK Kabupaten/kota, dan 30 orang Guru BK, SMP/SMA/SMK dari Kab/Kota.

 Deslan Nispayani  mewakili Kepala Dinas Pendidikan  dalam sambutannya mengatakan  “pelayanan bimbingan dan konseling yang bermutu yaitu pelayanan  yang mampu mengarahkan, mengembangkan potensi dan tugas-tugas perkembangan individu yang menyangkut  kematangan personal dan emosional, social, pendidikan dan karir. Perwujudan pelayanan bimbingan dan konseling yang bermutu dipengaruhi  oleh beberapa faktor,  diantaranya adalah kinerja konselor/guru bimbingan dan konseling (BK)”.

“Karena  itu guru BK diharapkan mempunyai kinerja yang berkualitas, menampilkan sikap produktif, memiliki motivasi yang tinggi, disiplin, kreatif, inovatif dan mandiri dalam melaksanakan peran dan tugasnya sehingga pelayanan bimbingan dan konseling yang dilakukan juga akan sesuai dengan beban kerja wajib yang diterimanya”,tutupnya.(ra)

 

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa