img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Sosialisasi Ujian Nasional Program Kesetaraan oleh FK-PKBM Prov. Kaltim

09 Maret 2017 | Oleh: Tim UPTD Tekkom dan Infodik

Sosialisasi Ujian Nasional Program Kesetaraan oleh FK-PKBM Prov. Kaltim

FOTO

Samarinda -  Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Ujian Nasional Program Kesetaraan yang diselenggarakan Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FK-PKBM) di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur. (9/3).

Ketua Forum Komunikasi PKBM Provinsi Kalimantan Timur Drs. Suparman menjelaskan bahwa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Kaltim berjumlah 156 Lembaga. PKBM merupakan satuan organisasi mitra yang bergerak pada pendidikan PAUD, pendidikan masyarakat, pendidikan keaksaraan dan kesetaraan maupun kecakapan hidup.

PKBM adalah bagian dari masyarakat yang dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan mutu pelayanan dan peluasan akses serta penyelenggaraan pendidikan keaksaraan dan kesetaraan.

Peran yang dilaksanakan PKBM saat ini selain peningkatan mutu lembaga, pengembangan kurikulum, pengembangan sarana dan pembelajaran, peningkatan mutu pengelola, peningkatan mutu ujian serta pengembangan uji kompetensi dan sertifikasi peserta didik.

Sosialisasi Ujian Nasional Program Kesetaraan dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Sudirman dan dihadiri 58 orang yang terdiri dari Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur dan juga tutor yang meyelenggarakan Ujian Nasional Program Kesetaraan.

Sudirman dalam sambutannya saat membuka Sosialisasi tersebut menyebutkan bahwa salah satu kewajiban negara terletak pada Pembukaan Undang-Undang Dasar yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kewajiban negara dan tugas dari pemerintah adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. untuk itu, jika hasil pada ujian nasional dari pendidikan non formal dapat disetarakan dengan pendidikan formal melalui kriteria yang terakreditasi yaitu melalui PKBM". tutur Sudirman. hrm.

 

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa