img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Pelatihan Operator Dapodik bagi Staf Administrasi SMA

22 Maret 2017 | Oleh: Tim UPTD Tekkom & Infodik

Pelatihan Operator Dapodik bagi Staf Administrasi SMA

FOTO

Samarinda - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur telah mewujudkan langkah-langkah strategis untuk mendukung terwujudnya kualitas pendidikan melalui sistem pendataan cepat, lengkap, valid, akuntabel dan up to date yang merata di seluruh satuan pendidikan khususnya SMA dan SMK di wilayah Provinsi Kalimantan Timur melalui Pelatihan Operator Data Pokok Pendidik (Dapodik) bagi Staf Administrasi SMA. (22/3).

Adapun tujuan dari pelatihan ini selain untuk meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme tenaga operator Dapodik yang bertugas dalam pengolahan data, juga untuk meningkatkan pelayanan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terutama dikalangan operator, sehingga data yang diberikan benar-benar mampu dipertanggungjawabkan validitasnya.

Dijelaskan oleh Fuad dari PDSP (Pusat Data Statistik Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa dalam pelatihan ini bahwa akan dijelaskan kemana saja output Dapodik karena selama ini teman-teman operator taunya cuma isi data saja.

"Di dalam Dapodik ada salah satu sistem yang bernama Verifikasi dan Validasi terkait peserta didik dan GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)", tutur Fuad.

Sementara itu, peserta dalam kegiatan ini berjumlah 145 orang, yang berasal dari Staf Administrasi SMA Negeri Kabupaten/Kota se Kaltim sebanyak 135 orang dan Staf Administrasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur sebanyak 10 orang.

Pelatihan dilaksanakan di Hotel Raja, Jalan Imam Bonjol Samarinda pada 22 - 25 Maret 2017.

Perlu diketahui, Aplikasi Dapodik merupakan sistem pendataan pendidikan nasional. Aplikasi tersebut dibangun untuk mengimplementasikan Instruksi Menteri Pendidikan Nasional tentang kegiatan pengelolaan data pendidikan yang harus dilakukan melalui satu pintu yang terintegrasi menjadi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) meliputi data satuan pendidikan, data pendidik dan tenaga kependidikan dan data peserta didik.

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa