img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Tema Hardiknas 2017: Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas

02 Mei 2017 | Oleh: Tim UPTD Tekkom & Infodik

Tema Hardiknas 2017: Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas

FOTO Gubernur Kaltim sebagai pembina upacara Hardiknas

Samarinda - Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) dengan tema "Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas" digelar di Halaman Kantor Gubernur, Jalan Gajah Mada. (2/5).

Gubernur Kalimantan Timur selaku Pembina Upacara membacakan Amanat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dalam amanat yang dibacakan Gubernur Kalimantan Timur Dr. H. Awang Faroek Ishak tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayan menjabarkan tema Hardiknas 2017 yang berkaitan erat dengan fenomena dunia yang berubah cepat.


"Tema tersebut terkait dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi. Dengan pendidikan berkualitas yang merata, dalam makna dapat dikenyam oleh seluruh warga bangsa, maka ikhtiar kita mencerdaskan kehidpan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945 dapat terwujud". Ucap Awang Faroek.


Hari Pendidikan Nasional didasarkan atas hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang lahir pada 2 Mei 1889 yang disepakati sebagai Bapak Pendidikan Nasional.


Peran Ki Hajar Dewantara pada awal perintisan pendidikan nasional sangat besar, baik berupa gagasan, pemikiran, amupun terawang masa depan. Gagasan dan pemikiran Ki hajar Dewantara yang tetap relevan dan menjadi acuan bagi pembangunan pendidikan nasional saat ini.


Upacara yang dihadiri seluruh unsur pejabat di Lingkungan Pemerintahan Provinsi Kaltim, Bupati dan Walikota, para Rektor Negeri maupun Swasta, siswa-siswi jenjang SD/SLB, SMP, SMA/SMK dan Perguruan Tinggi.

Setelah upacara selesai, diumumkan pula penerima penghargaan dari Gubernur Kalimantan Timur atas keberhasilannya dalam membina dan mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diwilayahnya, yaitu sebagai berikut:

Bupati Kutai Kartanegara, Walikota Samarinda, Walikota Balikpapan, Walikota Bontang, Camat Kota Bangun, Camat Sungai Kunjang, Camat Bontang Barat, Camat Balikpapan Kota, Kepala Puskesmas Kota Bangun, Kepala Puskesmas Karang Asam, Kepala Puskesmas Prapatan, Kepala Puskesmas Bontang Barat.

Selain itu diumumkan pula sekolah-sekolah penerima penghargaan atas Lomba Sekolah Sehat Tingkat Prov. Kaltim tahun 2016, yaitu:
Yaitu:
Jenjang TK/RA (Raudhatul Adfal)Juara I : TK Nasional KPS Balikpapan
Juara II : TK Bhayangkari Loa Janan
Juara III : TK Al Ikhlas Tanah Grogot


Jenjang SD/MI (Madrasah Ibtidaiyah): Juara I : SD 2 YPK Bontang
Juara II : SD Nasional KPS Balikpapan
Juara III : SDN 01 Muara Badak


Jenjang SMP/MTs (Madrasah Tsanawiyah): Juara I : SMPN 10 Samarinda
Juara II : SMPN 12 Balikpapan
Juara III : SMPN 2 Berau


Jenjang SMA/MA (Madrasah Aliyah) Juara I : SMAN 1 Kota Bangun
Juara II : SMA YPVDP Kota Bontang
Juara III : SMAN 1 Samarinda

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa