img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Direktorat Kebudayaan Kemendikbud akan Adakan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Media Kreatif

28 September 2017 | Oleh: Tim UPTD Tekkom dan Infodik

Direktorat Kebudayaan Kemendikbud akan Adakan Penguatan Pendidikan Karakter melalui Media Kreatif

FOTO

Samarinda - Sejarah menunjukkan bahwa Indonesia adalah bangsa besar dengan karakter komunal yang cinta damai, pekerja keras, gotong royong serta beretika dan berestetika tinggi. Namun di era globalisasi ini budaya asing dan karakter negatif sangat cepat menyebar luas di kalangan masyarakat khususnya generasi muda, sehingga berakibat tekikisnya kualitas nilai karakter bangsa.

Diperlukan refleksi dan revitalisasi nilai-nilai kehidupan dalam rangka pendidikan karakter bangsa. Salah satu media efektif untuk penguatan tersebut adalah melalui film.

Untuk itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktorat Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur akan menyelenggarakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Media Kreatif pada akhir Oktober mendatang.

Rapat perencanaan kegiatan tersebut yang berupa pemutaran film Inspiratif, pertunjukan seni daerah dan dialog interaktif bersama film maker dan artis yang berperan dalam film yang akan diputar.

Adapun rapat dilaksanakan di Ruang Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim dan dihadiri Tim Direktorat Sejarah Kemendikbud, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim, Kepala BPJB Prov. Kaltim. (27/9).

Sasaran dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah siswa Sekolah Dasar dan siswa Sekolah Menengah Pertama serta guru-guru.

Tujuannya adalah dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter bangsa bagi pelajar dengan menggunakan media seni budaya melalui film-film berkualitas, membangun kesadaran guru, tenaga pendidik dan tokoh masyarakat di daerah tentang pentingnya menumbuh kembangkan nilai-nilai karakter bangsa dan mewujudkan sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam rangka mencapai tujuan pembangunan Nasional yang tepat guna dan tepat sasaran. hrm.

 

 

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Selengkapnya
Selengkapnya

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa