img
img

PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Detail Berita

Awang Faroek: Lulusan BKC harus berkomitmen 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara

30 April 2018 | Oleh: Tim UPTD Tekkom & Infodik

Awang Faroek: Lulusan BKC harus berkomitmen 4 Pilar Berbangsa dan Bernegara

FOTO Gubernur sedang menyampaikan sambutan. (Ft: Diskominfo Kaltim)

Samarinda - Komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terkait pendidikan terus djalankan, dengan menyisihkan 20% anggaran APBD Kaltim, pemerintah terus berupaya melalui Program Beasiswa Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata, Prestasi Gemilang) yang telah mendukung kemajuan pendidikan di Kaltim.

Beasiswa Kaltim Cemerlang atau BKC adalah beasiswa dari pemerintah Prov. Kaltim yang diperuntukkan bagi putra putri daerah jenjang SD, SMP, SMA hingga mahasiswa program D3, S1, S2 dan S3 serta beasiswa khusus Dosen yang berasal dari Kalimantan Timur baik melalui program kerjasama maupun prestasi bagi masyarakat yang kurang mampu.

Untuk itu, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim menggelar "Penerimaan Kembali Lulusan Penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang" di Convention Hall yang dihadiri mahasiswa lulusan beasiswa Kaltim Cemerlang, DPRD Prov. Kaltim, Kepala OPD dan jajarannya, Kapolda Kaltim, Kejati Kaltim, Pangdam IV Mulawarman, Komandan Korem 091/ASN, Sekretaris Daerah Prov. Kaltim, Inspektorat Prov. Kaltim, dan Rektor Perguruan Tinggi di Kota Samarinda. (30/4).

Dra. Dayang Budiati selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kaltim melaporkan jumlah penerima beasiswa dari tahun 2009 sampai tahun 2018 sebanyak 205.951 orang pada jenjang SD/MI/SDLB, SMP/MTs/SMPLB, SMA/SMK/MA, dan mahasiswa program D3, S1, S2 dan S3 serta beasiswa khusus Dosen dengan total dana sebesar Rp1.115.458.484.200,-

Kadisdikbud menambahkan rincian penerima jenjang:

SD/MI/SDLB         = 23.915 orang

SMP/MTs/SMPLB   =  19.579 orang

SMA/SMK/MA       = 33.491 orang

Diploma               = 25.423 orang

Sarjana/Diploma 4  = 91.977 orang

Magister               = 8.414 orang

Doktor                  = 3.152 orang

Adapun Program Beasiswa Kaltim Cemerlang pada tahun 2009 - 2014 telah diberikan kepada 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur sebelum adanya pemekaran daerah menjadi Kaltara. Tahun 2015-2018 Program Beasiswa Kaltim Cemerlang diberikan kepada 10 Kabupaten/Kota di Kaltim setelah pemekaran daerah.

Untuk jumlah mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Kaltim Cemerlang melalui program kerjasama baik dalam maupun luar negeri sebanyak 1.767 orang.

Jumlah kelulusan hingga saat ini yang memperoleh beasiswa kerjasama, program khusus dan kualifikasi guru S1/S2 sebanyak 11.542 orang yang telah tersebar di Kaltim dan Kaltara, dengan rincian:

SMA                = 10 orang

Diploma 3          = 173 orang

S1                    = 10.069 orang

S2 dan Kualifikasi = 864 orang

S3                     = 426 orang

Selain itu, disampaikan pula pesan dan kesan oleh perwakilan penerima beasiswa dari program Diploma III Poltekkes Polda Kaltim, S1 Universitas Mulawarman, S2 Gontor dan S3 Universitas Mealbourne Australia.

Annisa, Perwakilan penerima beasiswa S3 Universitas Melbourne Australia mengucapkan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Prov. Kaltim telah diberi kepercayaan untuk memperoleh beasiswa Kaltim Cemerlang.

"Saya mewakili rekan-rekan yang mendapatkan beasiswa ini mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan mudah-mudahan kita bisa menjalankan amanah ini untuk memajukan Kalimantan Timur." ungkap Annisa.

Gubernur Kalimantan Timur, Dr. H. Awang Faroek Ishak dalam sambutannya meberikan ucapan selamat datang kembali bagi penerima Beasiswa dan mengharapkan semua lulusan dapat menjalankan komitmen 4 pilar berbangsa dan bernegara.

"Saya ucapkan selamat datang kepada penerima Beasiswa Kaltim Cemerlang baik dalam maupun luar negeri, program kerjasama maupun program khusus. Saya berharap lulusan Beasiswa dapat berkomitmen dengan 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara." ucapnya. hrm

Berita Lainnya

Radio Disdik

e-Aplikasi

Link Direktori

IndexGaleri Foto

IndexOpini & Ulasan

alt text Kamis, 19 Mei 2016

Involusi Pendidikan Guru

KUALITAS guru merupakan faktor utama penentu keberhasilan fasilitasi pendidikan ialah hal yang tak terbantahkan. Hanya saja, dengan melihat kompetensi profesional dan pedagogis guru dalam hasil Uji Kompetensi

Selengkapnya

Copyright © 2015 Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Developed by Numesa