Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur | Selamat Datang di Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur

Visi dan Misi

Visi

Terwujudnya SDM Kaltim yang bertaqwa, unggul dan berbudaya melalui pembinaan dan pengembangan pendidikan yang bermutu dan berkeadilan

Misi

  1. Meningkatkan pendidikan dan pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari untuk mewujudkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membina mutu dan relevansi pendidikan.
  3. Meningkatkan manajemen pendidikan.
  4. Membina dan mengembangkan generasi muda, olahraga, bahasa, seni, dan budaya.

Sasaran

  1. Terlaksananya pengintegrasian nilai-nilai agama dan budi pekerti ke dalam semua mata pelajaran pada tahun 2003.
  2. Meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang bahaya Narkoba, Miras bagi peserta didik.
  3. Meningkatnya kegiatan keagamaan bagi peserta didik setiap tahun.
  4. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan 5 Unit Sekolah Baru (USB) setiap tahun.
  5. Tersedianya sarana dan prasarana Pendidikan Anak Dini Usia (PADU) minimal 26 kelompok setiap tahun.
  6. Revitalisasi sarana dan prasarana yang memerlukan perbaikan 10 unit setiap tahun.
  7. Meningkatnya mutu tenaga kependidikan melalui penyetaraan (kualifikasi) dan pelatihan baik in service dan on service pada semua jenis/jenjang pendidikan 5.000 orang setiap tahun.
  8. Meningkatkan minat siswa SMU pada bidang Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Komputer 16.000 orang siswa.
  9. Meningkatkan kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris.
  10. Tersedianya sarana penunjang pendidikan setiap tahun (Lab. Komputer 12 ruang, buku bacaan/pelajaran 1:1, SLB pada 13 sekolah, alat praktek Paket B/C 5 unit, alat peraga.
  11. Tersedianya kurikulum berbasis kompetensi 600 set.
  12. Tersedianya peralatan Lab. IPA 50 set.
  13. Terlaksananya KBK disekolah pada tahun 2004 jenjang SD, SLTP dan SMU, 600 sekolah.
  14. Terbentuknya kemitraan dengan DUDI dan Masyarakat 4 kegiatan setiap tahun.
  15. Terwujudnya manajemen pendidikan yang bermutu, efektif dan efisien dalam kerangka sistem pendidikan nasional pada tahun 2003.
  16. Terwujudnya sinkronisasi dan koordinasi perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan pendidikan pada semua jalur, jenis, dan jenjang pendidikan 2 kegiatan setiap tahun.
  17. Terpenuhinya sarana dan prasarana SIM pendidikan Tahun 2003.
  18. Meningkatnya ketrampilan praktis pemuda 500 orang setiap tahun.
  19. Meningkatnya wawasan kebangsaan 150 orang setiap tahun.
  20. Meningkatnya partisipasi pemuda dalam pembangunan 150 orang setiap tahun.
  21. Bertambahnya fasilitas lembaga pemuda 15 unit setiap tahun.
  22. Meningkatnya jumlah tenaga dan kualitas pelatih Olahraga dan Kesegaran jasmani 2 kali/tahun.
  23. Tersedianya sarana dan prasarana pendukung Olahraga dan Kesegaran Jasmani di 13 Kabupaten/Kota @ 2 paket/tahun
  24. Meningkatnya bibit olahragawan berbakat 60 orang/tahun.
  25. Terbentuknya wadah pembinaan BAPOPSI/FOMI 13 Kabupaten/Kota.
  26. Meningkatnya kemampuan berbahasa asing, nasional dan daerah.
  27. Terbangunnya satu Balai Bahasa pada tahun 2004.
  28. Meningkatnya kegiatan penggalian, pembinaan dan pemanfaatan kesenian 10 paket setiap tahun.
  29. Meningkatnya SDM Kesenian di 13 Kabupaten/Kota 380 orang setiap tahun.
  30. Tersedianya sarana dan prasarana kesenian di Taman Budaya 2 unit setiap tahun.
  31. Meningkatnya aktivitas berkesenian kelompok seni/sanggar pada 13 Kabupaten/Kota 50 kelompok setiap tahun.
  32. Terbangunnya 1 unit Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional pada tahun 2004.
  33. Terbangunnya 1 unit Balai Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala pada tahun 2004.
  34. Terpeliharanya benda budaya dan situs 85 unit/tahun.
  35. Tersedianya sarana dan prasarana kesenian 3 sekolah per Kabupaten/Kota.

Tujuan

  1. Meningkatnya ahlak mulia/berbudi luhur bagi peserta didik.
  2. Terwujudnya kehidupan yang agamis pada lembaga pendidikan.
  3. Meningkatnya daya tampung anak usia Pra Sekolah/sekolah disetiap jenjang dan jenis pendidikan.
  4. Tercapainya kualitas mutu pendidikan jalur sekolah dan luar sekolah pada semua jenis dan jenjang pendidikan.
  5. Terselenggaranya pendidikan yang berorientasi kepada kebutuhan pembangunan daerah.
  6. Terselenggaranya manajemen pendidikan yang efektif dan efisien dalam rangka Community Based Education.
  7. Terciptanya penyelenggaraan, koordinasi dan pembinaan pendidikan yang mantap antar propinsi dengan Kabupaten/Kota.
  8. Terselenggaranya sistem informasi manajemen pendidikan.
  9. Meningkatnya pembinaan dan pengembangan generasi muda.
  10. Meningkatnya pembinaan dan pengembangan olahraga dan kesegaran jasmani.
  11. Meningkatnya pembinaan dan pengembangan bahasa.
  12. Meningkatnya pembinaan dan pengembangan seni dan budaya.